ADVERTISEMENT

MotoGP Inggris 2022: Quartararo Enggan Ngoyo Saat Lakoni Long Lap Penalty

Okdwitya Karina Sari - Sport
Sabtu, 06 Agu 2022 08:00 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 05: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP rides during the free practice session of the MotoGP Monster Energy British Grand Prix at Silverstone Circuit on August 05, 2022 in Northampton, England. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Fabio Quartararo enggan ngoyo saat melakoni long lap penalti di MotoGP Inggris 2022. (Foto: Getty Images/Steve Wobser)
Silverstone -

Rider Yamaha Fabio Quartararo harus melakoni long lap penalty di MotoGP Inggris 2022. Quartararo tak akan ambil risiko.

Hukuman itu dijatuhkan kepada Quartararo usai terlibat insiden dengan Aleix Espargaro di seri Belanda. Nantinya, pebalap Prancis itu harus menjalaninya dalam tiga putaran sejak menerima sinyal.

Quartararo sendiri rutin berlatih melakukan long lap tersebut di tengah free practice I dan free practice II pada Jumat (5/8/2022). Juara bertahan MotoGP itu merasa dirinya tidak perlu mati-matian memangkas waktu berkaitan dengan kondisi area long lap.

"Area penaltinya memang panjang, tapi pada akhirnya tidak terlalu buruk, tidak terlalu... aku tidak akan bilang panjang," sebut Quartararo kepada Autosport.

"Sudah pasti anda akan kehilangan waktu karena anda harus melewati jarak yang lebih panjang, tapi anda tidak harus sangat akurat [ketika melaluinya] seperti di Barcelona di mana long lap-nya sangat panjang dan anda mesti akurat."

"Di sini anda cuma harus melalui jarak yang lebih panjang dan tentu saja anda kehilangan waktu. Cukup besar karena dari itu kan areanya itu dari tarmac, bukan cat, dan sangat bergelombang. Kurasa tidak perlu mengambil risiko kecelakaan untuk mendapatkan 0,1 detik atau 0,2 detik. Kehilangan 0,2 detik itu tidak masalah."

Lokasi area long lap di Sirkuit Silverstone berada di sisi luar Tikungan 14. Nantinya Race Direction akan memberi sinyal penalti pada putaran pertama balapan, lalu Quartararo mesti menjalani hukuman tersebut dalam tiga putaran sejak menerima pesan itu.

"Sekarang aku harus menjalaninya di awal dan kuharap mereka tidak akan memintaku melakukannya di awal karena kurasa itu areanya cukup rumit untuk kembali ke lintasan. Kupikir ini cukup penting," sambung dia.

"Itu juga menjadi sebuah keuntungan kecil buatku, tapi untuk keamanan cukup sulit. Mudah-mudahan mereka tidak akan langsung memintanya di putaran pertama, melainkan di putaran kedua atau ketiga hanya untuk keamanan saja," imbuh Quartararo.



Simak Video "Jokowi Pindah Haluan ke Quartararo Gegara Marquez Out di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT