ADVERTISEMENT

Danilo Petrucci: dari MotoGP, Reli Dakar, Superbike, Balik ke MotoGP

Yanu Arifin - Sport
Selasa, 27 Sep 2022 17:55 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - NOVEMBER 07: Danilo Petrucci of Italy and Tech 3 KTM Factory Racing smiles and prepares at the starting grid during the race of the MotoGP Grande Prémio Brembo do Algarve at Autodromo do Algarve on November 07, 2021 in Lagoa, Algarve, Portugal. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Danilo Petrucci. (Foto: Steve Wobser/Getty Images)
Jakarta -

Danilo Petrucci meninggalkan MotoGP akhir tahun lalu. Sempat menjajal reli dakar dan superbike, rider Italia itu kini kembali ke MotoGP.

Petrucci baru saja ditunjuk menjadi rider pengganti Suzuki, untuk seri balapan MotoGP Thailand akhir pekan ini. Ia menggantikan Joan Mir, yang cedera patah tulang pergelangan kaki sejak Agustus lalu.

Menggantikan Joan Mir, Petrucci akhirnya kembali ke balapan MotoGP. Padahal, ia sempat meninggalkan kelas tertinggi itu akhir tahun lalu.

Sebelumnya, Petrucci meninggalkan MotoGP usai tersisih. Kedatangan Remy Gardner dan Raul Fernandez membuatnya dari tim balap MotoGP.

KTM lantas menawarinya tampil di kejuaraan reli dakar. Balap motor off road dan lintas wilayah itu sukses dilahapnya, bahkan mencatat sejarah saat memenangi stage kelima kejuaraan.

Tak lama berselang, Petrucci kembali menjajal ajang lain. Pada April, ia melahap perlombaan MotoAmerica Superbike. Ia bahkan sempat juara dua kali di dua seri perdana, dan keluar menjadi runner up musim ini.

Setelah kejuaraan tersebut selesai, kini Petrucci kembali ke MotoGP setelah direkrut Suzuki Ecstar. Ia mengaku senang sebab kembali ke trek MotoGP. Suzuki sendiri menjadi pabrikan ketiga yang dijajal Petrucci, setelah Ducati dan KTM.

"Tak perlu dikatakan lagi, saya sangat senang atas kesempatan untuk balapan di Thailand dengan Tim Suzuki Ecstar. Saya ingin berterima kasih kepada Tim karena memberi saya kesempatan fantastis ini," katanya, di situs resmi Suzuki.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada Ducati, dan manajemen tim saya saat ini karena mengizinkan saya mengambil alih posisi ini. Saya sangat penasaran untuk melompat ke GSX-RR dan mencobanya, yang terlihat sangat cepat dan kami tahu ini adalah mesin pemenang."

"Saya juga ingin bekerja dengan kru Suzuki, yang sudah lama saya kenal dan kami memiliki hubungan yang luar biasa. Saya tahu itu tidak akan mudah, jadi saya tidak menaruh harapan pada pengalaman itu, saya hanya ingin menikmatinya. Saya juga senang menjadi salah satu dari sedikit pebalap dalam sejarah yang melompat dari mesin MotoGP ke motor Dakar, Superbike, lalu motor MotoGP pabrikan lainnya!" ungkapnya.

Di kejuaraan dunia MotoGP 2022, Suzuki sendiri kesulitan. Alex Rins hingga seri ke-16 terakhir di Jepang masih berada di peringkat 10, sementara Joan Mir di posisi 14.

Lihat Video: Marc Marquez Finis Keempat di MotoGP Jepang, Pembalap Honda Lain ke Mana?

[Gambas:Video 20detik]




(yna/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT