Fabio Quartararo Kena Mental?

ADVERTISEMENT

Fabio Quartararo Kena Mental?

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 17 Okt 2022 20:00 WIB
PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - OCTOBER 15: Fabio Quartararo of France rides the #20 Monster Energy Yamaha MotGP Yamaha during qualifying for the MotoGP of Australia at Phillip Island Grand Prix Circuit on October 15, 2022 in Phillip Island, Australia. (Photo by Robert Cianflone/Getty Images)
Fabio Quartararo gagal finis lagi karena tak kuat mental? (Foto: Getty Images/Robert Cianflone)
Phillip Island -

Rider pabrikan Yamaha Fabio Quartararo gagal finis lagi, kali ini di MotoGP Australia 2022. Apakah hal itu sinyal bahwa mentalitas Quartararo sudah ambruk?

Pebalap Prancis itu menjalani balapan yang mengecewakan di Phillip Island, Minggu (16/10/2022). Start dari grid kelima, Quartararo membuat kesalahan usai melebar di Tikungan 4 di putaran-putaran awal sehingga tercecer jauh di belakang.

Setelahnya Quartararo membaik dengan merangsek ke urutan 15. Sayang sekali hanya sesaat kemudian El Diablo jatuh di Tikungan 2. Motornya terseret hingga gravel dan tidak mampu melanjutkan balapan.

Dengan demikian, Fabio Quartararo berarti sudah dua kali beruntun gagal mendulang poin usai finis ke-17 di Thailand. Quartararo cuma meraih delapan poin dalam empat balapan terakhir karena gagal finis juga di Aragon.

Situasi tersebut membuat Quartararo terancam gagal mempertahankan gelar juara dunia MotoGP. Pebalap berusia 23 tahun itu mesti "menyerahkan" pucuk klasemen kepada rivalnya, Francesco Bagnaia, yang finis ketiga. Quartararo melorot ke peringkat kedua dengan selisih 14 poin dari pebalap Ducati itu.

Alhasil tidak sedikit yang mengira Quartararo tidak kuat secara mental seperti yang terjadi di 2020. Saat itu Quartararo meredup di enam balapan terakhir sehingga harus puas finis kedelapan usai sempat memimpin klasemen.

Akan tetapi, asumsi tersebut dibantah Quartararo. "Tidak, sebenarnya yang kurasakan di 2020 itu tertekan secara mental dan teknikal," ucap dia di Motorsport. "Dan sekarang aku tidak merasa secara mental aku overthinking. Jadi secara mental aku tidak merasa seperti 2020."

"Tapi hanya aku berusaha melakukan yang terbaik. Aku terlalu ngoyo saat balapan dan risiko melakukan kesalahan itu sangat dekat. Jadi itulah yang terjadi pada hari ini. Sebenarnya saat anda harus menghemat ban dan anda kekurangan cengkeraman dan akselerasi itu bukan yang terbaik."

"Sesungguhnya hari ini aku telah membuat kesalahan dengan melakukan pengereman dengan keras dan melebar di Tikungan 4. Tapi ini adalah hal yang perlu kami pahami. Kami membutuhkan daya cengkeram lebih baik di bagian belakang karena kami perlu menghemat ban dan menunggangi motor sebaik mungkin," Quartararo menambahkan.



Simak Video "Jokowi Pindah Haluan ke Quartararo Gegara Marquez Out di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT