MotoGP Malaysia 2022: Bagnaia dan Quartararo Podium, Selanjutnya Final!

ADVERTISEMENT

MotoGP Malaysia 2022: Bagnaia dan Quartararo Podium, Selanjutnya Final!

Afif Farhan - Sport
Minggu, 23 Okt 2022 14:53 WIB
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 21: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP and Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team shake hands after the race at parc ferme during the race of the CryptoDATA MotoGP of Austria at Red Bull Ring on August 21, 2022 in Spielberg, Austria. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Foto: Getty Images/Steve Wobser
Sepang -

MotoGP Malaysia 2022 berlangsung seru. Francesco Bagnaia juara, Bastianini kedua, dan Fabio Quartararo ketiga. Pecco dan El Diablo selanjutnya jalani 'final'!

MotoGP Malaysia 2022 tersaji di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Balapan dimulai siang hari, pada pukul 14.00 WIB. Jorge Martin mengawali dengan posisi pole, diikuti oleh Enea Bastianini, Marc Marquez, Marco Bezzecchi, dan Alex Rins di lima terdepan.

Francesco Bagnaia memulai dari posisi kesembilan. Sedangkan Aleix Espargaro di posisi ke-10, dan Fabio Quartararo di posisi ke-12.

Bencana buat Jorge Martin, dirinya jatuh di lap ketujuh. Itu membuat Bagnaia mampu ambil alih posisi terdepan.

Kejutan terjadi di pertengahan balapan dengan Bastianini yang menyalip Bagnaia. Sementara Quartararo coba amankan tempat ketiga dari kejaran Bezzecchi.

Bagnaia mampu amankan posisi terdepan jelang lima lap terakhir dan mempertahankan posisinya. Quartararo pun amankan podium dengan finis di tempat ketiga yang terus jaga jarak dengan Bezzecchi.

6 November di MotoGP Valencia mendatang adalah seri terakhir MotoGP 2022. Nantinya akan menjadi laga final Bagnaia vs Quartararo!

Rider Ducati Bagnaia sementara puncak Klasemen MotoGP 2022 dengan 258 poin. Rider Yamaha Quartararo minus 23 poin di bawahnya.

Jalannya balapan

Francesco Bagnaia langsung melesat begitu balapan MotoGP Malaysia 2022 dimulai. Dirinya mengambil sisi luar lalu berada di posisi kedua setelah tikungan pertama.

Jorge Martin masih mampu memimpin di posisi terdepan. Sementara Fabio Quartararo juga tancap gas, mengejar di posisi kelima.

Tiga lap berjalan, posisi tidak banyak berubah. Jorge Martin masih memimpin disusul oleh Pecco dan diikuti Bastianini. Quartararo masih kesulitan menyalip Marc Marquez di depannya (posisi keempat).

Quartararo naik ke posisi keempat di lap keempat. El Diablo menempel ketat Marquez dan menyalipnya di tikungan.

Jorge Martin jatuh di lap ketujuh! Dirinya merosot ke tanah dan keluar lintasan, membuat Bagnaia memimpin di depan!

Masuk ke pertengahan balapan, Bagnaia masih memimpin dan terus ditempel Bastianini. Quartararo belum mampu kejar selisih tiga detik!

Bezzecchi terus membayangi Quartararo di belakangnya dengan selisih 1,2 detik. Marc Marquez keteteran, juga ikut disalip Joan Mir. Marquez sementara di posisi keenam.

Bastianini menyalip Bagnaia di lap ke-11! Rider Gresini itu manfaatkan sedikit celah di tikungan keempat untuk menyalip dari sisi dalam.

Masuki lap ke-15, Bagnaia terus membayangi Bastianini. Di lintasan lurus, Bagnaia melewatinya setelah unggul dalam adu cepat!

0,5637 detik, Bezzecchi terus membayangi Quartararo di posisi keempat. Andai Quartararo finis keempat, dirinya gugur dalam perebutan juara kontra Bagnaia.

Dua lap terakhir, Bagnaia tidak goyah. Bastianini dan Quartararo masih mengikuti di belakangnya, Quartararo bisa bernafas sedikit lega karena sudah unggul dua detik dari Bezzecchi.

Lap terakhir, posisinya tidak berubah meski ada drama Bastianini nyaris menyenggol motornya Bagnaia. Francesco Bagnaia akhirnya jadi juara disusul oleh Enea Bastianini dan Fabio Quartararo.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT