5 Rekor Francesco Bagnaia, Termasuk Bangkit dari Ketinggalan 91 Poin

ADVERTISEMENT

5 Rekor Francesco Bagnaia, Termasuk Bangkit dari Ketinggalan 91 Poin

Kris Fathoni W - Sport
Minggu, 06 Nov 2022 23:11 WIB
Francesco
Francesco Bagnaia, juara dunia MotoGP 2022. Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Bukan cuma gelar juara dunia MotoGP 2022, Francesco Bagnaia juga menorehkan paling tidak lima rekor di dalam keberhasilannya menjadi kampiun musim ini.

Memasuki seri terakhir di MotoGP Valencia 2022, Minggu (6/11), Bagnaia sudah memiliki keunggulan angka atas sang juara bertahan Fabio Quartararo. Hal itu pun membuatnya diunggulkan.

Pada prosesnya, keunggulan di atas kertas itu berhasil pula dijaga Francesco Bagnaia lewat performa di atas lintasan. Finis kesembilan di Sirkuit Ricardo Tormo cukup buat Bagnaia memastikan gelar juara dunia MotoGP 2022.

Buat Pecco Bagnaia, ini adalah gelar juara dunia yang pertama di kelas MotoGP. Sedangakan di kelas lain kejuaraan dunia balap motor grand prix, rider Italia itu pernah juara dunia Moto2 2018.

Merujuk MotoGP.com dan Crash.net, ada beberapa rekor yang berhasil ditorehkan Francesco Bagnaia dalam lajunya menjadi juara dunia MotoGP 2022 kali ini.

  • Bagnaia mampu membalikkan ketinggalan 91 poin dari Quartararo (usai MotoGP Jerman) di papan klasemen MotoGP. Itu adalah comeback terbesar dalam sejarah, sejak sistem poin 1993, untuk menjadi juara dunia MotoGP.
  • Bagnaia adalah rider pertama yang berhasil menjadi juara dunia kelas primer walaupun punya lima DNF dalam satu musim. Ia tidak finis di Qatar, Prancis, Catalunya, Jerman, dan Jepang.
  • Sudah 50 tahun berlalu sejak seorang rider Italia meraih gelar juara dunia kelas primer di atas sebuah motor pabrikan Italia. Giacomo Agostini yang terakhir melakukannya pada 1972.
  • Sejak Valentino Rossi pada 2009, baru ada kali ini lagi ada rider Italia yang juara dunia MotoGP -- lewat aksi Bagnaia.
  • Bagnaia menjadi rider kedua yang juara dunia kelas primer setelah juga pernah menjadi juara dunia di kelas Moto2. Sebelumnya ada Marc Marquez.

(krs/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT