Lorenzo: Marquez Harus Pilih, Uang atau Gelar Juara Dunia

ADVERTISEMENT

Lorenzo: Marquez Harus Pilih, Uang atau Gelar Juara Dunia

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 30 Des 2022 14:50 WIB
Marc Marquez of Repsol Honda Team looks on during official free practice of Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana in Circuit Ricardo Tormo, Cheste, Valencia, Comunitat Valenciana, Spain, 04/11/22 (Photo by Andrea Bruno Diodato/DeFodi Images via Getty Images)
Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images
Jakarta -

Masa depan Marc Marquez sedang santer dispekulasikan. Legenda MotoGP Jorge Lorenzo meyakini, Marquez akan sulit juara lagi bersama Honda.

Marquez mengalami masa sulit seiring dengan cedera lengan parah pada 2020. Dari situlah krisis Honda dimulai sehingga cuma memenangi tiga balapan dalam tiga musim terakhir, yang seluruhnya dipersembahkan Marquez pada musim 2021.

Situasi Marquez semakin rumit setelah merasa tidak puas dengan tunggangannya pada ujicoba di Valencia pada November lalu. Tidak sedikit yang mewanti-wanti tentang potensi kepergian Marquez dari pabrikan Jepang itu, meskipun masih memiliki sisa kontrak sampai 2024.

Lorenzo mengisyaratkan, Marc Marquez harus membuat pilihan terkait masa depannya. Menurut mantan rider Spanyol itu, Marquez akan bisa memenangi titel juara lagi jika menyeberang ke Ducati. Namun, jika bertahan di Honda maka Marquez cuma sekadar menghasilkan banyak uang.

"Kurasa mereka akan mempunyai motor terbaik dalam empat atau lima tahun ke depan," kata Lorenzo kepada DAZN. "Ketika Marquez mendominasi dia tidak punya masalah lengan, dan pebalap termuda di antara rival-rivalnya."

Sekarang dia punya masalah lengan dan tidak diketahui apakah dia sudah 100% atau belum, dia juga bukan pebalap termuda lagi. Meskipun, dia tetap masih bisa memenangi kejuaraan dunia," sambung pemilik tiga titel juara MotoGP itu.

"Di 2019, Marc memenangi hampir setiap balapan. Kemudian Honda datang dan menawarkan dia kontrak empat tahun. Kita sedang membicarakan tentang... seberapa banyak uangnya? 20 juta (euro) setahun? Dan dia bilang 'jika aku memenangi hampir seluruh balapan dengan motor ini dan aku mendominasi, plus mereka menawariku kontrak empat tahun dan jumlahnya dua-tiga kali lipat lebih banyak ketimbang lainnya, tentu saja aku akan setuju,' sambung Lorenzo.

"Akan ada satu titik di mana dia akan harus memilih di antara memenangi Kejuaraan Dunia atau menghasilkan uang. Meskipun kupikir Honda tidak akan berlanjut menawarkan dia kontrak yang sama," Lorenzo menyimpulkan tentang masa depan Marc Marquez.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT