DetikSport
Jumat 19 Mei 2017, 13:27 WIB

Indonesia, Sisipkanlah Semangat Kevin/Marcus dalam Tim di Piala Sudirman!

Femi Diah - detikSport
Indonesia, Sisipkanlah Semangat Kevin/Marcus dalam Tim di Piala Sudirman! Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon diharapkan menginspirasi skuat Indonesia di Piala Sudirman 2017. Foto: Humas PBSI
Jakarta - Diremehkan, namun Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon sukses meraih hattrick juara super series 2017 ini. Semangat itu diharapkan menular pada Skuat Indonesia di Piala Sudirman.

Indonesia berstatus sebagai underdog pada Piala Sudirman yang bergulir 21-28 di Gold Coast, Queensland, Australia. Skuat Indonesia memiliki kekuatan yang pincang dan tampil sebagai unggulan keenam.

Boleh dibilang Merah Putih hanya mempunyai dua sniper, penembak jitu yang tepat sasaran. Yakni, ganda putra dan ganda campuran. Sementara tiga sektor lain--ganda putri, tunggal, dan tunggal putri--kurang meyakinkan saat berjumpa tim-tim unggulan.

[Baca Juga: Indonesia di Piala Sudirman: Cerdiklah dan Jangan Arogan!]

"Dari dulu kalau dibilang kelemahan beregu kita itu ya kekuatan yang tidak merata. Jadi, seperti yang sering saya bilang, ibaratnya kita memang mempunyai banyak peluru. Dari lima yang dimiliki, yang tepat sasaran tembak hanya dua, saat menghadapi tim-tim tertentu," kata mantan pebulutangkis nasional Christian Hadinata yang dihubungi detikSport, Jumat (19/5/2017).

Namun, Christian berharap agar situasi itu tak membebani tim Sudirman di Gold Coast. Dia meminta agar para pemain mengambil pelajaran dari Kevin/Marcus. Meskipun disepelekan, mereka jsutru mampu memberi pembuktian di atas lapangan.

Ya, sempat diremehkan karena postur yang kurang ideal sebagai pemain dunia, Kevin/Marcus justru menjalankan suksesi ganda putra dengan cemerlang.

Sepeninggal Hendra Setiawan, Kevin/Marcus menyodok ke papan atas dunia. Mereka membuktikan sebagai juara tiga turnamen super series awal tahun 2017.

[Baca Juga: Perjudian Susy Susanti di Tanah Asing]

"Kalau dilihat dari tim Sudirman kita tahun ini sebetulnya kita underdog. Pada kenyataannya ada pada seeding 5/8, jadi kita menjadi unggulan keenam, namun kita harus pandai-pandai mengedepankan situasi itu dari sisi psikologinya," tutur Christian.

"Bermainlah nothing to lose aja karena kita dalam posisi yang tidak diunggulkan. Anggap tekanan ada pada lawan, bukan kepada kita," ungkap dia.

Selain itu, tim Indonesia diminta bermain cerdik layaknya The Minions, julukan Kevin/Marcus, di tengah lapangan.

Indonesia akan mengawali langkah di Piala Sudirman dengan menghadapi India. Barulah kemudian dilanjutkan lawan Denmark sebagai unggulan kedua.




(fem/rin)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed