DetikSport
Minggu 11 Juni 2017, 23:09 WIB

Kalahkan Wawrinka di Final, Nadal Juara Prancis Terbuka

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kalahkan Wawrinka di Final, Nadal Juara Prancis Terbuka Foto: Rafael Nadal menjadi juara Prancis Terbuka 2017 setelah mengalahkan Stan Wawrinka di final (REUTERS/Benoit Tessier)
FOKUS BERITA: Prancis Terbuka 2017
Paris - Rafael Nadal mengakhiri puasa gelarnya di arena Grand Slam. Petenis Spanyol itu merebut gelar juara Prancis Terbuka 2017 setelah mengalahkan Stan Wawrinka di final.

Nadal menang tiga set langsung atas Wawrinka pada pertandingan final di lapangan Philippe Chatrier, Roland Garros, Paris, Minggu (11/6/2017). Dia menyudahi perlawanan Wawrinka dengan skor 6-2, 6-3, 6-1 dalam waktu dua jam dan lima menit.

Ini merupakan sebuah kemenangan bersejarah bagi Nadal. Petenis berusia 31 tahun itu baru saja meraih gelar kesepuluhnya di Prancis Terbuka. Dia menjadi petenis pertama di Open Era yang memenangi satu Grand Slam yang sama sebanyak sepuluh kali.

Gelar ini juga menjadi gelar Grand Slam ke-15 dalam karier Nadal. Jumlah gelar Grand Slam-nya cuma kalah dari Roger Federer yang punya 18 gelar. Sebelum ini, terakhir kali Nadal memenangi Grand Slam adalah di Prancis Terbuka 2014.

Nadal tampil nyaris tanpa cela di final. Dia membukukan 27 pukulan winner dan hanya membuat 12 unforced error, sementara Wawrinka mencatat 19 winner dan 29 unforced error.

Nadal mematahkan servis Wawrinka untuk pertama kalinya di set pembuka untuk unggul 4-2. Tak berselang lama, kesalahan Wawrinka kembali membuahkan break untuk Nadal yang mengakhiri set pertama.

Nadal memulai set kedua dengan langsung memimpin 3-0. Meski Wawrinka mencoba memberi perlawanan, Nadal tak tergoyahkan dan membuat lawannya frustrasi. Wawrinka yang mulai kehabisan akal untuk meredam Nadal sampai membanting raketnya di set ini.
Kalahkan Wawrinka di Final, Nadal Juara Prancis TerbukaFoto: REUTERS/Pascal Rossignol

Pada set ketiga, permainan agresif Nadal makin menyulitkan Wawrinka. Nadal mematahkan servis Wawrinka untuk unggul 4-1 dan sejak momen itu tak terbendung lagi. Dia memastikan kemenangannya setelah bola pengembalian Wawrinka menyangkut di net.

Kalahkan Wawrinka di Final, Nadal Juara Prancis TerbukaFoto: REUTERS/Gonzalo Fuentes

(mfi/fem)

FOKUS BERITA: Prancis Terbuka 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed