DetikSport
Rabu 15 November 2017, 14:27 WIB

China Terbuka Super Series Premier

Ini Kunci Kemenangan Jonatan Christie atas Lin Dan

Femi Diah - detikSport
Ini Kunci Kemenangan Jonatan Christie atas Lin Dan Jonatan Christie memangkas head to head dengan Lin Dan menjadi 2-3. (Grandyos Zafna/detikSport)
Fuzhou - Jonatan Christie berhasil menyingkirkan pebulutangkis China, Lin Dan, di babak pertama China Terbuka Super Series Premier. Jonatan menaruh beban ke pundak Super Dan.

Untuk kali kedua, Jonatan berhasil menumbangkan Lin Dan. Setelah berhasil mengalahkan pemilik dua medali emas olimpiade itu di Indonesia Terbuka 2017, Jonatan mengulang hasil manis di kandang Lin Dan, China Terbuka.

Dalam pertandingan di Haixia Olympic Sports Center, Rabu (15/11/2017), Jonatan menang dua gim langsung atas Lin Dan. Pemain berperingkat ke-17 dunia menggasak Lin Dan dengan skor 21-19, 21-16.

Hasil positif itu memangkas ketinggalan Jonatan dari Lin Dan. Head to head dua pemain itu kini 2-3.

"Poin paling penting ada di gim pertama. Karena, poinnya kan mepet terus. Saya nggak mau kecolongan di game pertama, karena bisa jadi di game kedua dia lebih percaya diri dan saya jadi ngedrop," kata Jonatan seperti rilis kepada detikSport.

Memasuki gim kedua permainan Jojo, sapaan karib Jonatan, unggul jauh. Tapi, sempat membiarkan Lin Dan, yang kini berusia 34 tahun itu, meraih tujuh poin beruntun.

"Tadi saya sudah unggul 20-9, dari situ dia juga jadinya all out saja. Di awal gim kedua dia agak tegang. (Itu sudah) terasa sejak gim pertama (saat) kami salaman aja, tangannya sudah dingin," tutur Jojo.

"Sebagai pemain kita bisa merasakan kalau lawan lagi nervous. Saya juga kalau tegang tangannya suka dingin. Ternyata, walaupun dia sudah juara Olimpiade dua kali, dia tetap ada tegangnya. Itu yang membuat saya percaya diri," ujar pemain 20 tahun itu.

Di sisi lain, Jonatan bermain lepas. Dia juga meletakkan beban ke pundak Lin Dan, yang tampil di hadapan pendukungnya sendiri.

"Saya berusaha enjoy dan lepas aja. Ini juga kan main di kandang lawan, jadi ya sudah main all out saja yang penting. Saya nggak nyangka juga di game kedua dia bisa begitu," ujar dia.

"Seorang Lin Dan bisa banyak banget main out-out. Saya nggak tahu kenapa, ya sudah saya tidak mau kehilangan kesempatan. Ini merupakan kesempatan bagus dan ini jadi hari terbaik saya juga. Karena pertama kali main di China Open Super Series Premier ini," dia menjelaskan.


(fem/cas)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed