DetikSport
Kamis 07 Desember 2017, 02:42 WIB

Nadal: Djokovic Mencapai Level yang Lebih Tinggi daripada Federer

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Nadal: Djokovic Mencapai Level yang Lebih Tinggi daripada Federer Foto: Julian Finney/Getty Images
Madrid - Rafael Nadal tak ragu menyebut Roger Federer sebagai petenis terhebat sepanjang masa. Tapi Nadal menilai Novak Djokovic tidak terkalahkan dalam performa terbaik.

Nadal, Federer, dan Djokovic telah menguasai tenis dunia dalam lebih dari satu dekade terakhir. Sampai sekarang, Federer masih paling unggul dalam pengumpulan gelar dengan 19 titel Grand Slam, diikuti Nadal (16) dan Djokovic (12).

Terlepas dari kebangkitan Federer di tahun ini di mana Nadal selalu kalah sejak dalam lima pertemuan terakhir, rekor head to head keduanya masih menempatkan petenis Spanyol itu di atas lawannya. Nadal memimpin 23-15.

Namun, Djokovic mengalami perkembangan luar biasa. Petenis Serbia itu pernah benar-benar mendominasi tenis pada 2011 dan 2015, dan membalikkan rekor pertemuan dengan Nadal sehingga kini unggul 26-24.

"Dengan titel-titel itu dan apa yang sudah dia capai mengatakan bahwa dia adalah pemain terbaik dalam sejarah tenis," ungkap Nadal yang dilansir Eurosport.

"Apakah dia petenis terbaik yang pernah kuhadapi? Well, mungkin, iya. Aku juga pernah menghadapi Djokovic yang hebat. Kami saling menghadapi para pemain hebat."

"Tapi tidak adil kalau mengatakan bahwa Federer bukan petenis terbaik yang pernah kuhadapi karena titel-titel dia dan rekam jejak dia membuktikan hal itu. Tapi di level teknik, ketika Djokovic berada di permainan terbaiknya... Aku harus mengatakan bahwa aku pernah menghadapi seorang petenis yang tidak terkalahkan."
(rin/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed