DetikSport
Kamis 01 Februari 2018, 20:32 WIB

Layakkah Firman Abdul Kholik Diberi Tempat di Kualifikasi Piala Thomas?

Mercy Raya - detikSport
Layakkah Firman Abdul Kholik Diberi Tempat di Kualifikasi Piala Thomas? Firman Abdul Kholik. (dok: Humas Superliga Badminton)
Jakarta - Firman Abdul Kholik masuk dalam skuat Indonesia ke Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2018. Dia bertekad untuk menjawab kepercayaan PBSI.

Firman akan turut memperkuat Timnas bulutangkis Indonesia di kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia yang sekaligus menjadi Kualifikasi Piala Thomas 2018. Firman menjadi tunggal keempat pada ajang yang begulir 6-11 Februari itu.

Masuknya nama Firman mendampingi Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Ihsan Maulana Mustofa, menuai pro dan kontra. Sebab, penampilan Firman menunjukkan grafik menurun.

Sejak menjuarai Vietnam Intenational Challenge 2015, Firman tak terlihat. Saat tampil di Indoensia MAsters 2018 pun Firman hanya bermaind i babak kualifikasi.

"Kemarin itu merasa kurang. Sebagai tuan rumah saya ingin hasil baik, tapi kurang tercapai. Saya kurang percaya diri dengan kemampuan waktu itu. Makanya gim ketiga kecolongan berapa poin jadi ngedown," kata Firman saat ditemui di sela-sela latihannya di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (1/2/2018).

"Sekarang ini programnya lebih ke mental dan pikiran sementara fisik tinggal di-maintenance saja. Waktunya tinggal seminggu jadi manfaatkan yang tersisa, termasuk latih kecepatan kaki," ujarnya.

Bermain di turnamen beregu sebenarnya bukan kali ini saja bagi pemain rangking 80 dunia ini. Sebelumnya, dia juga pernah turun di Sudirman Cup di Dongguan, tiga tahun lalu. Termasuk di multievent Asia Tenggara, SEA Games 2015 dan 2017.

"Ya pengalaman di Sudirman jadi modal saya untuk nanti. Karena atmosfer bermain perorangan dengan beregu itu berbeda. Beregu itu bisa saling memberi semangat dan yang dipikirkan itu tim, bukan sendiri," ujarnya.

"Untuk target saya tidak terlalu pikirkan. Sekarang yang penting bagaimana caranya untuk main yang terbaik, kasih poin untuk tim saya," Firman, yang berharap bisa tembus 40 besar dunia itu, menambahkan.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed