DetikSport
Minggu 09 September 2018, 06:37 WIB

Kalahkan Serena Williams, Naomi Osaka Juara AS Terbuka

Lucas Aditya - detikSport
Kalahkan Serena Williams, Naomi Osaka Juara AS Terbuka Naomi Osaka juara Amerika Serikat Terbuka 2018. (Foto: Danielle Parhizkaran-USA TODAY SPORTS)
New York - Petenis Jepang, Naomi Osaka, berhasil menjadi juara Amerika Serikat Terbuka 2018. Dia mengalahkan Serena Williams di laga final.

Dalam pertandingan di Arthur Ashe Stadium, Minggu (9/9/2018) dinihari WIB, Osaka memetik kemenangan dua set langsung atas Serena dengan skor 6-2 dan 6-4. Laga itu diwarnai dengan game penalti pada set kedua.

Set pertama berjalan mudah untuk Osaka. Dia melakukan dua break poin untuk memetik kemenangan dengan skor 6-2. Durasi pertandingan di set pertama cukup singkat 34 menit.

Set kedua lebih sengit. Serena sempat unggul lebih dulu sampai skor 3-1. Osaka terus berjuang gigih hingga mampu menyamakan skor hingga 3-3.

Drama dimulai setelah Serena dinilai melakukan code violation karena dia dinilai melakukan komunikasi dengan pelatihnya, Patrick Mouratoglou.

Serena tak terima dengan keputusan umpire yang memimpin pertandingan, Carlos Ramos, hingga terus melakukan protes.

Situasi menjadi kian buruk untuk Serena setelah dia membanting raket di atas lapangan. Dia mendapatkan peringatan kedua saat kedudukan 3-2. Dia harus menjalani gim berikutnya dengan tertinggal 0-15. Osaka bisa memanfaatkan itu dengan baik untuk menyamakan kedudukan 3-3.

Kalahkan Serena Williams, Naomi Osaka Juara AS TerbukaFoto: Danielle Parhizkaran-USA TODAY SPORTS




Serena terus melakukan protes pada wasit, bahkan sampai menyebutnya pencuri. Ramos akhirnya memberikan hukuman game penalty saat kedudukan 3-4, hingga Osaka mendapatkan satu poin cuma-cuma.

Pertandingan sempat terhenti karena protes Serena, bahkan ada otoritas AS Terbuka yang berdiskusi dengan wasit.

Saat pertandingan dilanjutkan lagi Serena bisa menambah poin hingga kedudukan berubah menjadi 4-5. Osaka memastikan kemenangan dengan merebut gim ke-10 set kedua. Dia menjadi petenis Jepang pertama yang meraih gelar grand slam.

"Saya akan menjawab yang tak berhubungan dengan pertanyaan anda, saya meminta maaf. Saya tahu semua orang mendukung dia dan saya meminta maaf harus berakhir seperti ini. Saya hanya ingin berterima kasih pada anda sudah menonton pertandingan," kata Osaka saat ditanya mengenai kemenangannya.

Serena memilih untuk menghormati Naomi dalam pernyerahan piala AS Terbuka. "Saya tak ingin bersikap menjengkelkan. Saya tak mau protes. Naomi bermain bagus. Ini Grand Slam pertamanya!" kata Serena di BBC.

"Jangan ada ejekan lagi. Selamat untuk Naomi! Jangan ada ejekan lagi! Terima kasih pada tim saya, kalian semua luar biasa," kata Serena Lagi.






(cas/ran)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed