detiksport
Follow detikSport
Senin, 15 Sep 2008 20:36 WIB

Commonwealth Bank Tennis Classic

Naik Kelas Tahun Depan

- detikSport
Nusa Dua - Turnamen Commonwealth Bank Tennis Classic dipastikan akan tetap digelar di Bali tahun depan. Selain itu, 'kasta' turnamen ini juga meningkat dalam banyak hal.

Yang paling signifikan dari peningkatan tersebut adalah kenaikan jumlah hadiah uang. Bila tahun ini hadiah totalnya adalah AS$ 225 ribu, maka tahun depan jumlah prize money yang diperebutkan berjumlah AS$ 600 ribu.

Peningkatan jumlah hadiah itu adalah konsekuensi logis dari perubahan format turnamen, mengikuti perombakan struktur WTA Tour yang berlaku di seluruh dunia.

Mulai tahun depan, WTA Tour yang disponsori oleh Sony Ericsson akan terbagi menjadi dua jenis turnamen, yakni Premier Tournaments dan International Tournaments. Hal ini sekaligus menjadikan klasifikasi 'Tier' tak lagi dipakai.

Commonwealth Bank Tennis Classic akan berubah nama menjadi Commonwealth Bank Tournament of Champions. Format sistem gugur pun berubah menjadi round robin dengan jumlah kontestan 12 orang yang dibagi ke dalam 4 grup.

Menurut Direktur Turnamen Kevin Livesey, Commonwealth Bank Tournament of Champions akan menjadi puncak dari rangkaian International Tournaments yang secara keseluruhan berjumlah 30 turnamen.

“Turnamen ini akan menjadi turnamen penutup tahun yang merupakan puncak dari rangkaian International Tournaments. Turnamen ini akan diselenggarakan pada pekan ke-45 atau 4-8 November 2009,” ujar Livesey dalam konferensi pers di The Westin, Nusa Dua, Senin (15/9/2008).

Tentang siapa yang berhak mengikuti turnamen ini, Livesey menjelaskan bahwa akan diambil 10 pemain yang telah setidaknya memenangi satu International Tournament dari 30 seri yang ada. Para pemenang tersebut akan dirangking dan 10 besarnya akan diwajibkan bermain di Bali. Sedang dua peserta sisanya diambil melalui wildcards.

Namun petenis yang menduduki peringkat delapan besar dunia dan akan bermain di Sony Ericsson Championship di Doha, Qatar, tidak diperbolehkan bermain di turnamen ini.

Akankah format baru ini akan mendatangkan pemain 10 besar dunia tahun depan ke Bali? Livesey menjawab dengan optimistis.

“Ada pemain 10 besar yang mungkin tidak akan bermain di Sony Ericsson Championship. Seperti misalnya (Maria) Sharapova, Venus Williams, Dinara Safina atau Amelie Mauresmo. Kita berharap banyak bisa mengundang mereka ke sini,” yakin Livesey.

Perubahan lainnya adalah pemindahan venue. Setelah beberapa tahun dipertandingkan di lapangan outdoor Hotel Grand Hyatt, tahun depan turnamen ini akan diselenggarakan di arena indoor di Hotel The Westin, masih di kawasan Nusa Dua.

Livesey dan General Manager Westin Bipan Kapur berkilah bahwa pemindahan tempat ini terkait dengan kemungkinan datangnya musim hujan di bulan November serta banyaknya pemain yang mengeluhkan kelembaban yang terlalu tinggi bila bermain di arena terbuka.



(arp/gah)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed