detiksport
Follow detikSport
Minggu, 26 Jan 2014 18:52 WIB

Titel Grand Slam Pertama Buat Wawrinka, Jadi Orang Swiss Ketiga yang Mencapainya

- detikSport
 Mark Kolbe/Getty Images Mark Kolbe/Getty Images
Melbourne - Dalam usia 28 tahun Stanislas Wawrinka mewujudkan mimpi setiap petenis untuk meraih gelar di turnamen Grand Slam. Ia pun menjadi orang Swiss yang spesial.

Tampil di final Australia Terbuka 2014 melawan unggulan pertama Rafael Nadal, Minggu (26/1/2014) , Wawrinka tampil sebagai pemenang dengan skor 6-3 6-2 3-6 6-3.

Walaupun kemenangannya ikut dipengaruhi oleh penampilan Nadal yang tidak fit, karena mengalami cedera punggung sejak awal set kedua, namun penampilan Wawrinka sepanjang turnamen sangat gemilang.

Unggulan kedelapan itu secara mengejutkan menaklukkan juara bertahan Novak Djokovic di babak perempatfinal, lalu menghempaskan unggulan ketujuh Thomas Berdych di semifinal.

Sepanjang kariernya, petenis yang disebut John McEnroe sebagai salah satu petenis dengan pukulan backhand terkeras di dunia saat ini, baru satu kali tampil di pertandingan final turnamen Grand Slam -- dan ia langsung memenanginya. Ia meraih titel tersebut setelah melakoni 36 pertandingan Grand Slam. Hanya Goran Ivanisevic (37) yang pernah lebih lama ketimbang dirinya saat memenangi gelar mayornya yang pertama.

Sebelum ini prestasi terbaik Wawrinka adalah babak semifinal di AS Terbuka tahun 2013. Khusus di Melbourne, pencapaian tertinggi dia sebelumnya hanya perempatfinal di tahun 2011.

Pria asal kota Lausanne itu juga langsung tercatat sebagai orang Swiss ketiga dalam sejarah, yang pernah tampil di final dan menjuarai turnaen Grand Slam. Dua yang pertama adalah Martina Hingis dan Roger Federer, yang pernah menjadi pemain nomor satu di kelasnya.

Tak banyak gelar yang pernah dimenangi Wawrinka sebelum hari ini, karena ia cuma memiliki 5 gelar. Namun, ia juga pernah meraih medali emas di Olimpiade 2008, saat berpasangan dengan Federer di nomor ganda. Wawrinka juga dipastikan naik ke urutan ketiga di daftar peringkat tenis ATP mulai hari ini. Dan untuk pertama kalinya dalam 13 tahun, Federer bukan lagi petenis putra Swiss nomor satu, melainkan Wawrinka.




(a2s/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed