detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 04 Mar 2015 13:16 WIB

All England

Lin Dan Memburu Gelar Keenam

- detikSport
(STR/AFP/Getty Images)
Birmingham -

Setelah tiga tahun absen, Lin Dan kembali berkompetisi di All England 2015. Tahun ini, Lin akan berupaya untuk menambah koleksi gelar juaranya di turnamen ini menjadi enam.

Penampilan terakhir Lin di turnamen yang sudah berusia 116 tahun itu adalah pada 2012. Tiga tahun lalu itu pula, Lin memenangi gelar kelimanya di All England setelah Lee Chong Wei yang jadi lawannya di final mundur di gim kedua.

Di All England edisi kali ini, Lin yang kini berusia 31 tahun itu ditempatkan sebagai unggulan kelima. Salah satu kompetitor terberatnya untuk menuju gelar juara adalah kompatriotnya, Chen Long, yang merupakan unggulan teratas.

Jika langkah Lin dan Chen mulus, maka keduanya bisa bentrok di semifinal. Chen yang kini menempati rangking satu dunia itu merupakan juara edisi tahun 2013.

Jika bisa merengkuh gelar juara di tahun ini, maka Lin akan menjadi orang keempat yang punya paling tidak enam titel tunggal putra All England. Sebelumnya, sudah ada Frank Devlin (enam gelar juara), Erland Kops (tujuh), dan legenda Indonesia Rudi Hartono (delapan).

"Saya sudah bertanding di sini 12 kali dan memenangi lima gelar. Sejarahnya sangat spesial," ujar Lin seperti dikutip Reuters.

Namun sektor tunggal putra All England tahun ini digelar tanpa sang juara bertahan, Lee Chong Wei. Pebulutangkis Malaysia itu tengah diskors menyusul dugaan kasus doping.

"Dia tak sekadar lawan untuk saya, tapi juga teman yang baik. Semoga dia segera kembali," sahut 'Super Dan' soal musuh bebuyutannya itu.

Lin akan mengawali langkahnya di All England dengan menghadapi pebulutangkis Hong Kong, Wei Nan, di babak pertama, Rabu (4/3/2015) sore waktu setempat.


(nds/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com