detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Jan 2016 17:07 WIB

Inilah Pelatih-pelatih Pelatnas PBSI 2016

Femi Diah - detikSport
PBSI
Jakarta - Tak hanya perombakan di sektor pemain, Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBI) juga membongkar beberapa pelatih pelatnas Cipayung. Perubahan ada di sektor tunggal putra dan putri.

Perampingan dibuat pada barisan pelatih tunggal putra. Tahun lalu, tunggal putra memiliki dua kepala pelatih tunggal putra, Hendry Saputra dan Imam Tohari. Tapi, mulai tahun ini seluruh pemain dilebur dan ditangani Hendry Saputra yang dibantu dua asisten pelatih, Marlev Mainaky dan Deni Danuaji.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky, meyebut keputusan itu sebagai penghargaan terhadap kinerja Hendry. Pelatih asal tangkas itu dinilai sukses membesut tiga pemain muda, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan Christie.

"Kami melihat prestasi Ihsan, Anthony, dan Jonatan meningkat cukup baik. Oleh karena itu, kami memandang perlu untuk menggabungkan para pemain tunggal putra dengan tujuan supaya mereka bisa berlatih bersama dan bisa berprestasi bisa lebih baik lagi," kata Rexy Mainaky selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI seperti dikutip Badminton Indonesia, Kamis (14/1/2016).

Imam dipastikan meninggalkan pelatnas. Pelatih yang pernah menangani junior tim nasional Jepang itu kabarnya hijrah ke PB Djarum.

"Kami memerlukan pelatih sekaliber Imam untuk melatih para pemain usia muda dengan menerapkan teknik-teknik dasar yang baik dan benar, sehingga nantinya memudahkan peningkatan jenjang prestasi mereka di level nasional dan internasional," papar Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto.

Di sektor tunggal putri, Edwin Iriawan ditunjuk sebagai pelatih kepala dan didampingi dua asisten pelatih, Bambang Supriyanto dan Sarwendah Kusumawardhani. Itu tak lepas dari polesan bagus Edwin kepada Linda Wenifanetri yang mampu menembus semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 setelah si pemain hanya mampu melaju paling jauh di babak kedua turnamen Superseries.

Rexy melihat perlu adanya penyegaran metode kepelatihan di sektor tunggal putri untuk mengejar ketertinggalan prestasi mereka.

"Dengan dukungan pengalaman sebagai juara di event-event internasional dari Bambang dan Sarwendah, diharapkan perubahan ini akan memberikan prestasi yang maksimal di sektor tunggal putri," imbuh Rexy.

Berikut susunan lengkap tim pelatih Pelatnas Cipayung 2016:

Tunggal Putra
Kepala Pelatih: Hendry Saputra
Asisten: Marlev Mainaky & Deni Danuaji

Tunggal Putri
Kepala Pelatih: Edwin Iriawan
Asisten: Bambang Supriyanto & Sarwendah Kusumawardhani

Ganda Putra
Kepala Pelatih: Herry Iman Pierngadi
Asisten: Aryono Miranat & Chafidz Yusuf

Ganda Putri
Kepala Pelatih: Eng Hian
Asisten: Endra Muliajaya & Endang Nursugianti

Ganda Campuran
Kepala Pelatih: Richard Mainaky
Asisten: Nova Widianto & Enroe Suryanto

(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com