detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Jul 2016 17:15 WIB

Piala Davis Indonesia v Sri Lanka

David-Christoper Menang, Indonesia Ungguli Sri Lanka 2-0

Femi Diah - detikSport
Foto: PP Pelti/Dwiari Setyadi
Solo - Petenis terbaik Indonesia, Christopher Rungkat, membuat Indonesia unggul 2-0 atas Sri Lanka dalam hari pertama babak relegation play-offs Piala Davis Grup II Zona Asia/Oseania. Satu kemenangan sebelumnya disumbangkan David Agung.

Dalam laga yang dihelat di permukaan hard cout Stadion Tenis Gelora Manahan, Solo, Jumat (15/7/2016), Christo meraih kemenangan atas Yasitha De Silva 6-2 6-0 6-2.

Christo memang mempunyai pengalaman lebih panjang ketimbang Yasitha. Christo yang berperingkat tunggal 605 dunia itu tampil sangat dominan atas wakil Sri Lanka yang baru pertama kali bermain tunggal di ajang Piala Davis.

"Kemenangan David pada pertandingan pertama membuat saya lebih yakin bakal mampu menyumbangkan angka. Saya bersyukur, Indonesia bisa menyapu bersih kemenangan pada hari pertama," tutur Christo yang telah membukukan rekor menang kalah 30-17 di ajang perebutan lambang supremasi tenis beregu putra dunia ini.

Dalam konferensi pers seusai laga, Yasitha De Silva mengakui bahwa dirinya telah mencoba mengerahkan segala kemampuannya untuk meladeni petenis utama tuan rumah itu.

"Saya tahu Christopher adalah petenis yang bagus dan saya hanya berusaha mengimbanginya saja. Apalagi ini adalah pertandingan tunggal pertama saya di ajang Piala Davis," papar Yasitha yang baru sekali tampil bermain ganda, membela Sri Lanka saat dikalahkan tuan rumah Thailand, Maret silam.

Kapten tim Rohan De Silva hanya tersenyum tipis ketika ditanya soal peluang timnya tetap bertahan di Grup II.

"Indonesia tim yang kuat, dan kini kami tertinggal 0-2. Kami belum putuskan bagaimana komposisi ganda untuk besok (Sabtu, 16/7)," pungkas Rohan yang telah berhasil membawa tim Sri Lanka memenangi babak relegation play off sejak 2012 ini.

Dengan dua kemenangan pada hari pertama, tuan rumah hanya butuh donasi satu angka untuk memastikan tetap bertahan di Piala Davis Grup II Zona Asia/Oseania. Non-playing captain Indonesia, Andrian Raturandang mengisyaratkan akan kembali menurunkan Christopher Rungkat di partai ganda, berpasangan dengan Sunu Wahyu Trijati.

"Sesuai aturan Piala Davis, kami masih bisa mengubah pasangan ganda yang akan tampil hingga satu jam menjelang pertandingan," tutur petenis nasional era 1990-an ini.

Dalam drawing yang dilakukan sehari sebelum pertandingan, Sri Lanka mendaftarkan pasangan Harshana Godamanna dan Yasitha De Silva untuk meladeni duet tuan rumah, Aditya Hari Sasongko/Sunu Wahyu Trijati.

Hasil Hasi Ini, Jumat (15/7):
1. David Agung Susanto vs Harshana Godamanna 6-4 6-4 6-4
2. Christopher Rungkat vs Yasitha De Silva 6-2 6-0 6-2

Jadwal pertandingan:
Sabtu (16/7)
3. Aditya Hari Sasongko/Sunu Wahyu Trijati vs Godamanna/De Silva
Minggu (17/7)
4. Christopher Rungkat vs Harshana Godamanna
5. David Agung Susanto vs Yasitha De Silva


(fem/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com