detiksport
Follow detikSport
Selasa, 16 Agu 2016 05:41 WIB

Olimpiade 2016

Tommy Disingkirkan Pebulutangkis Britania Raya

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Foto: REUTERS/Jeremy Lee Foto: REUTERS/Jeremy Lee
Rio de Janeiro - Tommy Sugiarto harus mengakhiri langkahnya di Olimpiade 2016. Tommy terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan wakil Britania Raya, Rajiv Ouseph.

Dalam pertandingan di Riocentro Pavilion 4, Selasa (16/8) pagi WIB, Tommy kalah setelah bertarung tiga gim. Tommy yang ditempatkan sebagai unggulan ketujuh itu menyerah 13-21, 21-14, 16-21 dari Ouseph.

Ini menjadi kemenangan pertama Ouseph atas Tommy dalam enam pertemuan. Lima duel sebelumnya selalu dimenangi oleh Tommy.

Setelah berimbang 2-2 di awal gim pertama, Tommy kemudian mulai memegang kendali permainan. Beberapa kali Tommy mendapat poin lewat smes yang mematikan Ouseph untuk menjauh 9-3.

Tapi Tommy kemudian justru mengendur. Ouseph merebut delapan poin beruntun untuk berbalik unggul saat interval.

Rentetan poin Ouseph masih berlanjut usai interval. Ouseph merebut dua angka tambahan untuk memimpin 13-9 atas Tommy.

Tommy yang kemudian justru kerap melakukan kesalahan sendiri dan kesulitan mengembangkan permainan kian tertinggal 12-18 dari Ouseph. Pukulan Tommy yang melebar akhirnya memberi kemenangan untuk Ouseph di gim pertama.

Tommy mengawali gim kedua dengan positif dengan memimpin 5-2. Tak seperti di gim pertama, Tommy kali ini bermain lebih sabar. Tommy unggul 11-6 saat interval.

Usai interval, Tommy mulai meninggalkan perolehan poin Ouseph. Setelah unggul 13-9, Tommy terus melaju hingga memimpin 18-10. Tommy kemudian merebut gim kedua dengan skor 21-14 dan memaksakan rubber game.

Gim ketiga berlangsung ketat. Kedua pemain saling bergantian memimpin. Sempat disalip dan tertinggal 6-8 dari Ouseph, Tommy kemudian merebut lima angka beruntun untuk berbalik unggul 11-8 saat interval.

Selepas interval, perebutan poin antara kedua pemain berlangsung ketat. Tommy dan Ouseph berimbang sampai kedudukan 15-15. Tapi kesalahan-kesalahan sendiri yang dibuat Tommy membuat Ouseph melaju 19-15. Sebuah smes lurus dari Ouseph akhirnya mengakhiri perlawanan Tommy.

Dengan demikian, Indonesia tinggal menyisakan satu wakil di cabang bulutangkis. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan memperebutkan tiket final melawan Zhang Nan/Zhao Yunlei, Selasa (16/8) pagi WIB.

(nds/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed