DetikSport
Sabtu 10 Desember 2016, 22:00 WIB

Kalahkan Jaya Raya Jakarta 3-0, Djarum Kudus Juara Nasional

Femi Diah - detikSport
Kalahkan Jaya Raya Jakarta 3-0, Djarum Kudus Juara Nasional Foto: PBSI
Solo - Djarum Kudus berhasil menjadi kampiun Kejuaraan Nasional Bulutangkis Beregu Campuran 2016. Sukses itu didapatkan usai mengalahkan PB Jaya Raya Jakarta 3-0.

Bermain di GOR Sritex, Solo, Sabtu (10/12/2016), Djarum menjadi juara dengan amat meyakinkan. Meski memiliki skuat yang relatif lebih merata, Djarum juga cukup cerdik untuk bisa unggul sejak partai pertama. Djarum menurunkan Debby Susanto pada dua nomor.

Dengan strategi itu, Djarum pun bisa memainkan sektor terkuat paling awal sekaligus memaksa Jaya Raya memainkan sektor terlemah yang dimiliki. Djarum menampilkan Praveen Jordan/Debby. Mereka berhasil menyumbangkan poin pertama dengan mengalahkan Alfian Eko Prasetya/Greysia Polii 21-13, 21-15.

Partai kedua juga diselesaikan dengan kemenangan oleh Djarum. Wakil Djarum, Ihsan Maulana Mustofa mengalahkan Krisna Adi Nugraha 22-20, 21-14.

Semestinya partai ketiga bisa menjadi peluang Jaya Raya untuk membalikkan keadaan. Kedua tim menurunkan ganda putra yang bukan pasangannya masing-masing. Di kubu Djarum, Mohammad Ahsan dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Adapun Jaya Raya menurunkan Hendra Setiawan dan Angga Pratama.

Tapi Jaya Raya membuang peluang dengan membiarkan Djarum menyudahi babak final dengan kemenangan. Ahsan/Kevin menang atas Hendra/Angga 21-19, 21-15.

bagi Djarum gelar itu menjadi jawaban positif setelah enam tahun penantian. Kali terakhir Djarum menjadi juara beregu adalah pada tahun 2010 di Makassar. Istimewanya, kali ini Djarum meraih gelar juara itu tanpa kehilangan satu game pun.

"Hasil ini memang sesuai dengan strategi kami dimana kami mau mengamankan partai pertama karena kami kuat di sektor ganda campuran. Kami mengupayakan ganda campuran dimainkan di partai pertama dengan memainkan Debby rangkap di ganda putri," ujar Fung Permadi, manajer Djarum Kudus, seperti dikutip Badminton Indonesia.

"Kami memang harus berterima kasih kepada Ihsan dan Ahsan/Kevin. Hari ini memang terlihat bahwa seorang pemain yang berpengalaman dapat menguasai situasi pada saat diperlukan, dan ini yang terjadi pada Ahsan/Kevin.

"Hari ini adalah proses dari empat tahun yang lalu. Target menjadi juara setelah kejurnas di Makassar sudah kami canangkan apda tahun 2014," tambah Fung.

Hasil pertandingan babak final Kejurnas PBSI 2016:

Djarum Kudus vs Jaya Raya: 3-0

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Debby Susanto vs Alfian Eko Prasetya/Greysia Polii 21-13, 21-15
Tunggal Putra: Ihsan Maulana Mustofa vs Krisna Adi Nugraha 22-20, 21-14
Ganda Putra: Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Hendra Setiawan/Angga Pratama 21-19, 21-15


(fem/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed