detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 12 Jan 2017 19:51 WIB

Pelatnas Pratama Sudah Jalan, PBSI Belum Temukan Formula Disiplin Pemain

Mercy Raya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PP PBSI menghidupkan lagi pelatnas pratama mulai tahun ini. Namun PBSI belum menemukan formula soal kedisiplinan untuk para pemain di bawah U-19 itu.

Di antara 89 atlet yang dipanggil ke pelatnas pada 4 Januari, 39 di antaranya mengisi slot pelatnas pratama. Para pemain pelatnas pratama ini juga bakal tinggal dan berlatih di Pusat Bulutangkis Indonesia di Cipayung, Jakarta Timur, seperti para pemain pelatnas utama.

Skuat pelatnas pratama ini dipoles 10 pelatih dengan dua personal pada masing-masing sektor. Mereka telah berlatih sejak awal bulan ini.

Hanya saja, PBSI belum menemukan formula paling tepat soal peraturan untuk para pemain pratama ini. Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan PBSi tengah menggodok peraturan tersebut.

"Kalau kedisiplinan itu bukan karena Bapak Wiranto (ketua umum PBSI juga jenderal TNI (Purn) dan menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan), tapi memang sejak apel pertama kami bertekad kalau kami mau lebih maju salah satunya adalah dengan disiplin diri," kata Budiharto.

"Komitmennya seperti apa? Konsistensi cita-cita bagaimana, kesadaran diri itu yang ingin kami bangun.

"Contoh, klub saja, ada yang setiap malam semua telepon selulernya atlet disita. Saya baru tahu kalau ada klub yang berlaku seperti itu. Jadi setiap pukul 9 malam handphone atlet disimpan. Mungkin karena HP kan bisa dipakai chatting yang akhirnya atlet tidak bisa istirahat dengan baik.

"Ada kemungkinan karena kami fokus atlet pratama ini dua tiga tahun ke depan harus sudah mulai diunggulkan. Jadi ada peningkatan kedisiplinan secara umum," ujar dia.

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed