DetikSport
Sabtu 28 Januari 2017, 08:24 WIB

Akan Ada Pergeseran Level Turnamen Bulutangkis Internasional

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Akan Ada Pergeseran Level Turnamen Bulutangkis Internasional Foto: Warren Little/Getty Images for Falcon
Jakarta - Level turnamen bulutangkis internasional akan mengalami pergeseran. Nantinya akan ada turnamen dengan level di atas super series premier, tapi di bawah kejuaraan dunia dan olimpiade.

Dalam rilis PP PBSI yang diterima detikSport, disebutkan bahwa Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) bakal mengumumkan level turnamen internasional terbaru untuk periode 2018-2021. Sebelumnya, BWF menetapkan lima level teratas adalah BWF Tournaments yang terdiri dari olimpiade dan kejuaraan dunia, di level dua ada turnamen super series premier dan super series final, dilanjutkan dengan turnamen super series di level ketiga, serta turnamen grand prix gold dan grand prix masing-masing di level keempat dan kelima.

Mulai tahun depan, susunan tersebut akan mengalami perubahan. Turnamen level super series premier akan turun ke level ketiga. Di level kedua bakal ada satu kategori yang levelnya lebih tinggi dari super series premier. Meskipun nama level turnamen ini belum diumumkan secara resmi oleh BWF, namun banyak kalangan bulutangkis menyebutnya dengan turnamen level premier of premier.

Sebagai sebuah kejuaraan super elite, turnamen premier of premier menetapkan sejumlah kriteria bagi tuan rumah penyelenggaranya. Selain jumlah hadiah prize money minimal satu juta dolar Amerika Serikat, pemilihan tuan rumah juga mempertimbangkan fasilitas dan sarana pertandingan, pelayanan panitia pelaksana kepada negara peserta, pemilihan hotel, dan masih banyak lagi.

"Saat ini masih diadakan bidding, negara mana yang akan berhak untuk menjadi penyelenggara turnamen level dua ini. Kemungkinan hasil bidding akan diumumkan Maret 2017. Nantinya akan ada tiga negara yang berhak menjadi penyelenggara turnamen level kedua," ujar Bambang Roedyanto, Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI.

"Indonesia tentunya juga mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kejuaraan level dua ini. Dari segi jumlah prize money, kita sudah memenuhi syarat, di mana bahkan mulai tahun ini turnamen super series premier kita menawarkan hadiah sebesar satu juta dolar AS," tambah pria yang akrab disapa Rudy itu.

"Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia Open Super Series Premier juga menjadi salah satu turnamen percontohan bagi negara-negara lain dan kita mendapat pengakuan dari BWF, di mana kita berhasil menggabungkan sport dan entertainment," sambung Rudy.

Selain menawarkan hadiah yang lebih besar, kejuaraan level dua ini nantinya juga memiliki poin yang lebih tinggi. Tentunya hal ini sangat menarik, terutama bagi pemain-pemain elite. Di level super series premier, pemain dengan peringkat 10 besar dunia wajib untuk hadir. Lalu bagaimana di level premier of premier?

"Kita tunggu saja hasil bidding, nanti akan dijelaskan juga ketentuan turnamennya, seperti jumlah poin, siapa yang wajib hadir, jadwal pertandingan, dan sebagainya. Yang pasti, persaingan akan lebih ketat di level ini," jawab Rudy kepada Badmintonindonesia.org.

Bertambahnya level turnamen papan atas tentunya menjadi tantangan bagi atlet dan pembinaan bulutangkis di tiap negara, termasuk Indonesia. PP PBSI bakal mempersiapkan strategi dan pengaturan pengiriman pemain, bagaimana caranya mereka bisa mengejar poin dan mendongkrak rangking, namun peak performance di tiap turnamen tetap terjaga.

Saat ini saja dalam setahun pemain-pemain top setidaknya wajib mengikuti lima turnamen super series premier, super series final, serta kejuaraan kontinental seperti kejuaraan Asia, Eropa, dan sebagainya.

Belum lagi kejuaraan-kejuaraan yang sudah pasti diincar pemain-pemain elite seperti olimpiade dan kejuaraan dunia. Mereka juga tentunya juga punya kewajiban untuk turun membela negara masing-masing di kejuaraan beregu Piala Sudirman, Piala Thomas, serta Piala Uber. Jumlah ini biasanya bertambah jika si pemain sedang diprogramkan mencapai target rangking tertentu, demi tiket olimpiade, misalnya.

Berikut rencana susunan level turnamen internasional bulutangkis periode 2018-2021 :

Level 1 : olimpiade, kejuaraan dunia, final super series
Level 2 : nama kejuaraan masih dalam proses penetapan – tiga negara penyelenggara (prize money minimal satu juta dolar AS)
Level 3 : super series premier – lima negara penyelenggara (prize money minimal 700 ribu dolar AS)
Level 4 : super series – tujuh negara penyelenggara (prize money minimal 250 ribu dolar AS)
Level 5 : grand prix gold (prize money minimal 150 ribu dolar AS)


(mfi/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Melangkah ke Final

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 12:59 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto tinggal selangkah dari gelar juara. Ganda campuran Indonesia ini lolos ke final usai menyingkirkan pasangan Korea dua gim langsung.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez: Yamaha Selangkah di Depan

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 11:16 WIB Dari dua sesi latihan bebas pertama MotoGP Belanda, Marc Marquez tak menyangkal kalau Yamaha punya performa lebih baik. Yamaha disebutnya selangkah di depan.
  • Hari Jumat Paling Positif untuk Verstappen

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 08:01 WIB Driver Red Bull, Max Verstappen, menguasai sesi hari Jumat balapan di GP Azerbaijan. Dia menilainya sebagai sesi pertama balapan paling positif tahun ini.
  • Vinales Puas dengan Performa Motor Yamaha

    DETIKSPORT | Sabtu 24 Juni 2017, 01:03 WIB Rider Yamaha, Maverick Vinales, puas dengan penampilan motornya di hari pertama latihan bebas MotoGP Belanda. Tapi, dia merasa masih perlu ada peningkatan.
  • F2

    Sean Gelael: Sirkuit Baku Terlalu Tricky

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 23:02 WIB Sean Gelael menegaskan bahwa mengaspal di Sirkuit Baku City tidaklah mudah. Sirkut yang berada di negara Azerbaijan itu dinilai terlalu tricky.
  • Free Practice II GP Azerbaijan

    Verstappen Kembali yang Tercepat

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 21:50 WIB Max Verstappen menjadi pebalap terdepan di sesi latihan bebas kedua GP Azerbaijan. Dia mengungguli pebalap Mercedes, Valtteri Bottas.
  • Free Practice II MotoGP Belanda

    Vinales Kuasai Latihan Kedua

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 20:11 WIB Maverick Vinales tampil sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas kedua MotoGP Belanda. Rider Movistar Yamaha ini mengungguli Jonas Folger dan Marc Marquez.
  • Free Practice I GP Azerbaijan

    Verstappen Terdepan, Red Bull Rebut Posisi 1-2

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:50 WIB Max Verstappen merebut posisi terdepan di latihan bebas pertama GP Azerbaijan. Red Bull dominan di sesi ini usai Daniel Ricciardo finis kedua.
  • Australia Terbuka Super Series

    Praveen/Debby Lanjut ke Semifinal

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 17:27 WIB Praveen Jordan/Debby Susanto mantap ke semifinal. Ganda campuran Indonesia itu tak terlalu kesulitan mengatasi ganda Malaysia Chan Peng Soon/Cheah Yee See.
  • Free Practice I MotoGP Belanda

    Petrucci Jadi yang Tercepat di Latihan Pertama

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 16:20 WIB Latihan pertama MotoGP Belanda memunculkan nama Danilo Petrucci sebagai yang tercepat. Tak ada pebalap tim pabrikan di tiga terdepan pada sesi ini.
  • Rossi Penasaran Jajal Sasis Baru Yamaha di Assen

    DETIKSPORT | Jumat 23 Juni 2017, 04:50 WIB Valentino Rossi menjajal sasis baru Yamaha di tes Catalunya dan hasilnya dibilang memuaskan. Rossi pun tak sabar mencobanya di Sirkuit Assen akhir pekan ini.
  • Australia Terbuka Super Series

    Tunggal Putra dan Ganda Putra Indonesia Habis

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 15:39 WIB Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie tak mampu mengimbangi keperkasaan pebulutangkis top China, Lin Dan di dalam pertandingan babak kedua.
  • [Kuis] Sirkuit MotoGP Apakah Ini?

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 13:01 WIB Sirkuit Assen yang menggelar MotoGP di akhir pekan ini merupakan salah satu trek paling tua di dunia. Bisakah kamu mengenali trek MotoGP lain dari masa ke masa?
  • Jelang MotoGP Belanda

    Marquez Kejar Podium Assen

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 11:49 WIB Marc Marquez sudah tak sabar melaju di Assen setelah apa yang terjadi dalam balapan di Catalunya lalu. Podium MotoGP Belanda jadi target minimalnya.
  • FIA: Ada Beberapa Tim yang Ingin Gabung F1

    DETIKSPORT | Kamis 22 Juni 2017, 07:48 WIB Ajang balap Formula 1 saat ini tercatat diikuti paling sedikit tim sejak satu windu silam. Ada beberapa tim yang diklaim akan bergabung musim depan.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Antusiasme Rossi untuk Balik ke Jalur Positif

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 19:11 WIB Valentino Rossi menatap MotoGP Belanda dengan antusiasme dan semangat besar setelah apa yang terjadi di Catalunya lalu. Ia ingin segera balik ke jalur positif.
  • Jelang MotoGP Belanda

    Target Vinales di Assen: Harus Naik Podium

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 18:37 WIB Rider Movistar Yamaha Maverick Vinales menyebut podium di Assen jadi keharusan buatnya, secara khusus setelah menjalani balapan yang sulit di Catalunya.
  • Australia Terbuka Super Series

    Ricky/Angga Pulang Lebih Awal

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 18:08 WIB Wakil-wakil Indonesia terus bertumbangan di babak pertama. Ganda putra Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama dipaksa berkemas usai kalah dari ganda putra Jepang.
  • Crutchlow Masih Dua Tahun Lagi di LCR

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 17:11 WIB Pebalap Inggris Cal Crutchlow belum akan berganti tim. Crutchlow telah resmi memperpanjang kontraknya dengan LCR hingga dua tahun ke depan.
  • Kondisi Nitya Belum Pulih 100 Persen

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 15:11 WIB Pemain ganda putri Nitya Krishinda Maheswari masih harus diparkir PBSI di ajang SEA Games 2017. Kondisinya masih belum pulih 100 persen.
  • Australia Terbuka Super Series

    Anthony dan Jonatan Maju ke Babak Kedua

    DETIKSPORT | Rabu 21 Juni 2017, 14:15 WIB Setelah kekalahan Tommy Sugiarto, Indonesia akhirnya meloloskan dua tunggal putra yang tersisa ke babak II. Mereka adalah Anthony Ginting dan Jonatan Christie.