Piala Davis

Kalah dari Filipina, Indonesia Harus Jalani Playoff Degradasi

Randy Prasatya - Sport
Minggu, 05 Feb 2017 21:35 WIB
Foto: ist.
Manila - Tim tenis beregu putra Indonesia dikalahkan Filipina 1-4 di babak pertama Piala Davis Grup II Zona Asia/Oseania. Kekalahan ini membuat Indonesia harus menjalani pertandingan playoff degradasi.

Pada partai keempat yang dilangsungkan di lapangan tenis tanah liat indoor Philippine Columbian Association Manila, Minggu (5/2/2017), David Agung Susanto tak mampu menyumbangkan poin. David kalah dari Ruben Gonzales dengan skor 2-6, 3-6, dan 4-6.

"Mohon maaf, saya gagal menyumbangkan angka kemenangan. Saya bermain maksimal, namun lawan memang tampil lebih baik karena sangat menguasai arena pertandingan," ujar David seusai pertandingan, dalam rilis yang diterima detikSport.

Petenis berperingkat tunggal ke-740 dunia itu memang tak bisa keluar dari tekanan jagoan Filipina yang sebetulnya menempati rangking lebih rendah darinya, yakni di posisi ke-925. Dari statistik pertandingan, Ruben unggul di hampir di semua lini termasuk sukses menghunjamkan sembilan ace.

"Ya biasa saja, kalah dan menang sudah biasa dalam sebuah pertandingan olahraga. Namun saya melihat kemajuan yang berarti di tim ini karena David Agung sudah bisa menjadi tulang punggung bila tidak ada Christopher Rungkat seperti melawan Filipina ini," tutur Ketua Umum PP Pelti, Wibowo Suseno Wirjawan, yang menyaksikan laga dari pinggir arena.

Pada partai kelima yang sudah tidak menentukan, Anthony Susanto juga kalah dari wakil Filipina. Anthony harus mengakui keunggulan Alberto Lim dengan skor 5-7, 3-6.

"Mereka harus menambah jam terbang, bertanding dengan lawan-lawan yang lebih tangguh agar bisa mengasah ketajaman permainan," kata Wibowo.

Indonesia nantinya harus menjalani pertandingan play-off degradasi melawan Kuwait pada 7-9 April 2017 mendatang. Jika gagal meraih kemenangan, Indonesia harus rela turun ke Grup III Zona Asia/Oseania.

Hasil Pertandingan
Filipina – Indonesia 4-1

Jumat (3/2)
1. Alberto Lim v David Agung Susanto 6-3, 6-2, 2-6, 1-6, 1-1 ret
2. Ruben Gonzales v Aditya Hari Sasongko 6-2, 6-2, 6-4
Sabtu (4/2)
3. Treat Conrad Huey/Fancis Casey Alcantara v Sunu Wahyu Trijati/Anthony Susanto 6-2, 6-4, 6-4
Minggu (5/2)
4. Ruben Gonzales v David Agung Susanto 6-2, 6-3, 6-4
5. Alberto Lim v Anthony Susanto 7-5, 6-3 (mfi/mfi)