DetikSport
Kamis 16 Mar 2017, 20:22 WIB

Usai Juara All England 2017, Kevin/Marcus Peringkat 1 Dunia

Randy Prasatya - detikSport
Usai Juara All England 2017, Kevin/Marcus Peringkat 1 Dunia Foto: PP PBSI
Jakarta - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, menguasai puncak dunia. Mereka menempati posisi pertama setelah menjadi juara All England 2017.

Kevin/Marcus keluar sebagai juara All England usai mengalahkan pasangan China, Li Junhui/ Liu Yuchen, dengan skor 21-19, 21-14, yang digelar di Barclaycard Arena, Birmingham pada 12 Maret 2017.

Keberhasilan tersebut mengantarkan mereka ke ranking teratas dunia di sektor ganda putra. Kevin/Marcus naik empat peringkat dengan menggeser pasangan dari Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, ke posisi kedua.

Berdasarkan data yang dirilis BWF World Ranking hari ini, Kamis (16/3/2017), Kevin/Marcus mengumpulkan 73051 poin. Sementara itu pesaing mereka, Goh/Tan, mengumpulkan 72467 poin.

Dengan posisi itu, Kevin/Marcus berpotensi menjadi andalan dalam turnamen beregu campuran Piala Sudirman 2017 pada bulan Mei. Hingga ajang itu, mereka dijadwalkan tampil dalam tiga turnamen lain, yakni India Terbuka, Malaysia Terbuka, Singapura Terbuka, serta Kejuaraan Asia di Wuhan, China pada bulan April.

"Mereka harus mempertahankan apa yang sudah didapatkan, jangan sampai lengah karena lawan sudah mengetahui permainan mereka," kata Aryono Miranat, asisten pelatih ganda putra pelatnas PBSI, Kamis (16/3/2017).

Ganda putra Indonesia lainnya, Angga Pratama/Ricky Karanda, ada di urutan delapan dunia. "Latihan sama, mereka hanya perlu meningkatkan mental," tutur Aryono.

Pencapaian tunggal putra Indonesia itu menjadi yang terbaik di antara sektor lain. Ganda campuran yang juga mempunyai dua pemain andalan menunjukkan pencapaian sedikit di bawah ganda putra.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menempati urutan ketiga dunia. Praveen Jordan/Debby Susanto menempati peringkat delapan dunia.

Untuk di sektor tunggal putra, peringkat tertinggi dari wakil Indonesia ditempati Tommy Sugiarto yang berada di posisi 16. Di tunggal putri ada Fitriani yang duduk di posisi 30.
(fem/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed