DetikSport
Senin 20 Maret 2017, 12:25 WIB

Angka-Angka Menarik dari Gelar Juara Kelima Federer di Indian Wells

Femi Diah - detikSport
Angka-Angka Menarik dari Gelar Juara Kelima Federer di Indian Wells Foto: Jayne Kamin-Oncea-USA TODAY Sports
Indian Wells - Roger Federer sukses meraih gelar juara Indian Wells Masters 2017. Tak hanya meraih titel, petenis 35 tahun itu sekaligus mengukir angka-angka menarik dari sana.

Federer memastikan gelar juara Indian Wells usai meraih kemenangan atas rekan senegaranya Stanislas Wawrinka 6-4, 7-5 di Indian Wells Tennis Garden, California, yang usai pada Senin (20/3/2017) pagi WIB. Laga itu bergulir dalam tempo satu jam 20 menit.

Pujian pun diberikan oleh lawan, Wawrinka, kepada Federer. Meski kecewa dengan hasil yang diraihnya, Wawrinka, 31 tahun, salut atas keberhasilan Federer, 35 tahun.

"Saya mengucapkan selamat kepada Roger. Siapapun yang mencintai tenis akan senang menyaksikan penampilan dia," kata Wawrikan seperti dikutip ESPN.

Gelar juara itu dicatatkan Federer dengan statistik menarik lain. Titel itu menjadi koleksi kelima Federer di Indian Wells. Jumlah itu menyamai koleksi petenis Serbia, Novak Djokovic, di ajang serupa.

Dengan usia 35 tahun dan tujuh bulan, Federer menjadi juara tertua turnamen ATP Masters 1000 yang merupakan ajang tenis kasta ketiga dunia, di bawah empat turnamen Grand Slam dan ATP World Tour Finals.

Statistik menarik lain dicatatkan ESPN dari sukses Federer. Berikut rangkumannya.

2 - Juara di Indian Wells ini menjadi koleksi titel kedua Federer tahun 2017. Gelar pertama tahun ini didapatkan Federer dari Australia Terbuka di bulan Januari.

5 - Titel kelima Federer di Indian Wells. Hasil itu setara dengan koleksi Novak Djokovic (Serbia).

6 - Peringkat Federer usai menjadi juara Indian Wells. Rankingnya melonjak 11 trap dari 17 dunia pada awal tahun.

13 - Jumlah kemenangan yang dibuat Federer tahun 2017. Dia hanya kehilangan satu gim (13-1) dari tiga turnamen yang diikuti. Federer mencatatkan kemenangan enam kali dan tanpa kekalahan (6-0) atas petenis peringkat 10 besar.

20 - Kemenangan atas Wawrinka itu memperpanjang dominasi Federer dengan 20:3

22 - Juara di Indian Wells menjadi koleksi ke-22 Federer setelah berusia di atas 30 tahun. Dia melampaui Ivan Lendl dengan delapan gelar juara, John McEnroe (5) dan Pete Sampras (1)

25 - Gelar juara Indian Wells itu membuat Federer mengoleksi 25 gelar juara turnamen ATP World Tour Masters 1000 dan gelar juara ke-90 dari semua turnamen.

35 - Usia Federer (35 tahun, 7 bulan) juara Indian Wells 2017. Dia menjadi petenis tertua juara turnamen Masters 1000 tertua sejak Andre Agassi memenangi Cincinnati 2004 (34 tahun, 3 bulan).
(fem/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed