DetikSport
Selasa 21 Maret 2017, 20:05 WIB

PBSI Geber Seleksi Pemain Junior ke Kejuaraan Asia dan Dunia 2017

Femi Diah - detikSport
PBSI Geber Seleksi Pemain Junior ke Kejuaraan Asia dan Dunia 2017 Foto: Warren Little/Getty Images for Falcon
Jakarta - Indonesia tak hanya ingin sukses tuan rumah Kejuaraan Bulutangkis Asia dan Dunia 2017. PP PBSI juga melakukan seleksi pemain untuk mengisi skuat pasukan Merah Putih demi hasil maksimal.

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Junior Championships (AJC) dan World Junior Championships (WJC) untuk pemain U-19 tahun ini. Dua kejuaraan itu memainkan nomor beregu campuran dan perorangan.

AJC akan digelar di GOR Jaya Raya Bintaro, Tangerang Selatan, 22-30 Juli 2017, mundur beberapa pekan dari jadwal semula. PBSI mengubah waktu perhelatan karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk penyelenggaraan WJC dipilih Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai penyelenggara. Ajang itu digelar 9-22 Oktober 2017.

"Keputusan ini baru diumumkan pekan lalu, Indonesia akhirnya dipercaya untuk menjadi tuan rumah AJC 2017. Soal waktu persiapan yang cukup singkat, kami rasa tidak ada masalah, masih ada waktu empat bulan ke depan, kami sudah mulai mengerjakan persiapan yang sudah bisa dikerjakan," ujar Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, Bambang Roedyanto, seperti dikutip Badminton Indonesia.

"Tentunya sebuah kehormatan bagi Indonesia dalam setahun bisa dipercaya menjadi tuan rumah AJC dan WJC sekaligus. Ini membuktikan bahwa reputasi Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan bulutangkis sudah diakui," sambung dia.

Sebagai penyelenggara, Indonesia mendapatkan keuntungan pada jumlah kuota atlet pada dua ajang itu. Selain itu, AJC dan WJC 2017 menjadi kesempatan pemain U-19 untuk merebut poin menuju Youth Olympic 2018 yang akan berlangsung di Buenos Aires, Argentina.

Agar juga sukses prestasi, PBSI menggeber persiapan dengan menambah skuat dari dari luar pelatnas. Sebanyak 26 pemain dipanggil untuk berlatih di Pelatnas Cipayung. Atlet tunggal putra dan tunggal putri sudah bergabung pada 13 Maret 2017, sedangkan ganda putra dan ganda campuran pada 17 April 2017.

Berikut para pemain di luar pelatnas yang mengikuti seleksi AJC 2017:

Tunggal Putra: Mochammad Rehan Diaz (Mutiara Cardinal Bandung), Gatjra Piliang Fiqihillahi Cupu (Exist Jakarta), Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay (SKO Ragunan), Fathurrachman Fauzi (Exist Jakarta), Alberto Alvin Yulianto (Djarum Kudus)

Tunggal Putri: Sri Fatmawati (Jaya Raya Jakarta), Asty Dwi Widyaningrum (Jaya Raya Jakarta), Putri Ayu Desiderianti (Exist Jakarta)

Ganda Putra: Abyyu Fauzan Majid (SGS PLN), Muhammad Shohibul Fikri (SGS PLN), Ade Bagus Sapta Ramadhani (Exist Jakarta), Alam Muhammad Afwani H (Exist Jakarta), Alfandy Rizki Putra Kasturo (Jaya Raya Jakarta), Emanuel Randy Febrito (Jaya Raya Jakarta), Ferdian Mahardika Ranialdy (Jaya Raya Jakarta), Ghifari Anandaffa Prihardika (Jaya Raya Jakarta), Fenta Age Prasetyo (Exist Jakarta), Jonanes Aldy Djunaedi (Exist Jakarta), Adnan Maulana (Jaya Raya Jakarta), Rizki Adam (Candra Wijaya International Badminton Club)

Ganda Campuran: Renaldi Samosir (Exist Jakarta), Herdiana Yuli Marbela (Exist Jakarta), Indra Leonard Prasetya (Bayu Kencana Pasuruan), Violita Dewi (Bayu Kencana Pasuruan), Pramudya Kusuma (Djarum Kudus), Lisa Ayu Kusumawati (Djarum Kudus)

Catatan: pemain ganda putri hanya mengandalkan pemain pelatnas


(fem/mrp)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed