DetikSport
Kamis 20 April 2017, 15:17 WIB

Pelatih Tunggal Putra Puas Laju Anthony, Evaluasi Besar untuk Firman-Bayu

Femi Diah - detikSport
Pelatih Tunggal Putra Puas Laju Anthony, Evaluasi Besar untuk Firman-Bayu Foto: PP PBSI
Jakarta - Pelatih tunggal putra pemusatan latihan nasional (pelatnas) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Hendry Saputra Ho, puas dengan laju Anthony Sinisuka Ginting. Evaluasi besar akan diberikan kepada Firman Abdul Kholiq dan Muhammad Bayu Pangisthu.

Para pemain tunggal putra pelatnas Cipayung telah menyelesaikan rentetan turnamen super series dan grand prix/grand prix gold sebelum menuju Kejuaraan Asia tahun ini. Anthony dan Ihsan Maulana Mustofa berhasil menjalani seluruh turnamen yang direncanakan, sedangkan Jonatan absen pada All England dan India Open karena sakit.

Laju Anthony--dengan paling bagus mencapai babak semifinal Singapura Terbuka Super Series di bulan April--membuat puas Hendry. Kendati menunjukkan laju naik turun, Hendry masih menoleransi penampilan Jonatan dan Ihsan.

"Jonatan, Ihsan, dan Ginting masih memerlukan waktu untuk mematangkan teknik dan nonteknik. Sebab, saya melihat mereka bukannya bermain jelek tapi belum matang saat harus menggunakan kelebihan mereka. Saat seharusnya dapat keuntungan, mereka justru kehilangan poin," kata Hendry yang dihubungi detikSport, Kamis (20/4/2017).

"Mereka harus lebih ulet, sabar, tidak buru-buru. Mereka juga harus lebih memahami kapan harus menyerang atau atau saat bertahan. Saya melihat permainan mereka sudah tak jauh lagi untuk tampil di level dunia," ujar Hendry.

Firman Abdul KholiqFirman Abdul Kholiq Foto: dok. Humas PBSI

Sementara itu, evaluasi mendalam diberikan kepada Firman dan Bayu setelah tersingkir dini dari China Masters pekan ini. Firman terhenti di babak kedua, sedangkan Bayu angkat koper lebih dini, kandas di babak pertama. Tahun ini menjadi tahun krusial bagi Firman dan Bayu untuk membuktikan diri layak tetap tinggal di Cipayung atau tidak.

"Lapis dua ini memang perlu pembenahan mendalam. Kami harus membenahi pertahanan, fisik, attitude, dan mental dua pemain ini. Termasuk karakter mereka," kata Hendry.

"Firman dan Bayu akan lebih kami perhatikan tahun ini setelah tahun lalu kami berfokus buat Jonatan, Ihsan dan Ginting. Mereka harus menunjukkan stamina, disiplin dan komitmen latihan, fokus, keseriusan, cara berpikir, dan daya juang yang lebih lagi tahun ini. Mereka harus ingat setiap akhir tahun ada promosi dan degradasi," tutur pria yang berasal dari PB Tangkas Jakarta itu.



(fem/raw)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed