DetikSport
Kamis 27 April 2017, 16:11 WIB

Bouchard: Sharapova Harusnya Dihukum Seumur Hidup

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Bouchard: Sharapova Harusnya Dihukum Seumur Hidup Foto: Dennis Grombkowski/Getty Images
Istanbul - Satu lagi petenis mengritik kembalinya Maria Sharapova. Petenis Kanada Eugenie Bouchard menilai Sharapova seharusnya dihukum selamanya dan tak boleh main lagi.

Sharapova awalnya dihukum selama dua tahun setelah positif doping di Australia Terbuka 2016 lalu. Petenis asal Rusia itu terbukti mengonsumsi meldonium, zat yang masuk daftar terlarang.

Pada prosesnya, hukuman Sharapova dipotong menjadi 15 bulan. Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menilai Sharapova tidak berniat memakai doping karena ketidaktahuannya akan adanya perubahan daftar zat terlarang.

Setelah masa hukumannya berakhir, Sharapova akhirnya kembali mengayun raket di Porsche Tennis Grand Prix 2017, Rabu (26/4/2017), lewat fasilitas wild card. Dia menandai comeback-nya itu dengan kemenangan 7-6, 6-3 atas Roberta Vinci.

Bouchard: Sharapova Harusnya Dihukum Seumur HidupFoto: REUTERS/Ralph Orlowski
Selain di turnamen tersebut, Sharapova juga mendapat wild card di Madrid Terbuka dan Roma Terbuka. Sementara untuk wild card grand slam Prancis Terbuka, petenis berusia 30 tahun itu masih menunggu kabar.

Bouchard menilai Sharapova telah menjadi contoh buruk dan tak seharusnya diperbolehkan kembali bermain. Dia juga mengaku tak lagi mengidolakan Sharapova.

"Dia adalah penipu dan saya pikir seorang penipu dalam olahraga apapun tidak seharusnya boleh bermain lagi," ujar Bouchard kepada TRT World seperti dikutip dari Reuters.

"Ini tidak adil untuk pemain-pemain lain yang menjalani semua dengan benar dan sungguh-sungguh. Saya pikir dari WTA, ini mengirim pesan yang salah ke anak-anak muda: 'berbuat curang dan kami akan menyambut kalian dengan tangan terbuka'."

"Saya pikir itu tidak benar dan (Sharapova) jelas bukan lagi seseorang yang jadi panutan saya," katanya menegaskan.

[Baca juga: Reaksi Sharapova terhadap Kritik Dari Para Rival]


(nds/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed