DetikSport
Rabu 03 Mei 2017, 14:19 WIB

Jangan Sampai Kelelahan Saat Prancis Terbuka, Nadal!

Femi Diah - detikSport
Jangan Sampai Kelelahan Saat Prancis Terbuka, Nadal! Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Barcelona - Rafael Nadal tengah mengejar gelar juara untuk kesepuluh kalinya di Prancis Terbuka. Dia pun diminta untuk pandai-pandai mengatur kebugaran.

Nadal memiliki bekal bagus menjelang turnamen grand slam Prancis Terbuka 2017 yang dimulai 28 Mei sampai 11 Juni. Petenis Spanyol itu baru saja menjadi juara dua turnamen lapangan tanah liat, Monte Carlo dan Barcelona Terbuka.

Petenis 30 tahun itu masih menyimpan dua ajang untuk pemanasan lain sebelum tampil di Roland Garros. Nadal dijadwalkan turun pada Madrid Terbuka mulai 7-14 Mei dan Roma Terbuka 14-21 Mei.

Mantan petenis Australia, Todd Woodbridge, berpesan agar Nadal tak terlalu ngotot pada dua turnamen akhir sebelum ke Prancis Terbuka itu. Dia khawatir jika Nadal justru akan kelelahan di Paris jika terforsir di Madrid dan Roma.

"Yang saya perhatikan dari Rafa adalah tentang dia bertanding terlalu banyak pekan-pekan ini. Dia sudah menjadi juara dua turnamen lapangan tanah liat dan masih ditunggu dua turnamen lain di Madrid dan Roma," kata Woodbridge seperti dikutip Tennis USA.

"Untuk memenangi gelar kesepuluh Ronald Garros dia harus tampil sebugar mungkin. Saat kalian sudah memasuki usia 30-an, kalian harus respek terhadap badan sendiri--proses pemulihan akan lebih sulit ketimbang saat berusia 20-an," imbuh pemilik medali emas Olimpiade 1996 Atlanta dari nomor ganda putra itu.

Sepuluh gelar juara Prancis Terbuka itu didapatkan Nadal mulai tahun 2005. Waktu itu, dia menjadi juara Roland Garros ketika berusia 19 tahun. Delapan titel lain diraih pada gelaran tahun 2006 sampai 2014. Nadal belum berhasil menjadi juara dalam dua gelaran terakhir.

"Dalam periode ini menjadi penting bagaimana dia mengontrol fisik, kepercayaan diri dan bagaimana tim pendukung dia mampu menggugah hasrat Nadal untuk menjadi juara," tutur pria 46 tahun itu.



(fem/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed