DetikSport
2017/05/18 16:50:55 WIB

Piala Sudirman

Tanpa Komando Li Yongbo, Mampukah China Juara di Gold Coast?

Femi Diah - detikSport
1 China yang sedang Dalam Masa Transisi
Halaman 2 dari 5
Tanpa Komando Li Yongbo, Mampukah China Juara di Gold Coast? Foto: Guang Niu/Getty Images

Saat ini China bukan lagi kekuatan bulutangkis yang tak bisa dikalahkan. Bukti paling kuat adalah sukses Denmark keluar sebagai juara Thomas Cup 2016.

Denmark memang menjadi juara bukan dengan mengalahkan China di babak final. China disingkirkan Korea Selatan di babak perempatfinal. Korea kemudian tak sanggup menghadapi Indonsia di babak semifinal. Nah, Denmark keluar sebagai juara dengan mengalahkan Indonesia.

Selain itu, atmosfer di dalam timnas China diyakini sedang dalam masa transisi. China baru saja mencopit Li Yongbo yang dikenal bertangan besi dari posisi head coach. Kursi Yongbo digantikan duet Xia Xuanze dan Zhang Jun.

Xia Xuanze yang mantan juara dunia akan bertanggung jawab menangani sektor tunggal. Zhang Jun, pemilik dua medali emas Olimpiade, menangani nomor ganda.

Mau diakui atau tidak, Yongbo adalah sosok sentral dalam timnas bulutangkis China. Selama 24 tahun menduduki jabatannya itu--sejak 1992--, Yongbo mampu membawa China meraih 18 medali emas olimpiade dan sepuluh kali trofi Piala Sudirman, sembilan kali juara Piala Uber dan lima kali juara Piala Thomas.

Periode transisi itu bisa menjadi sebuah celah bagi negara-negara lain di Piala Sudirman kali ini. Jika disimak, China juga belum bisa mengembalikan kekuatan pada tiga sektor berbeda yang sebelumnya sangat kuat: tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri.

Sektor tunggal putra pun sejatinya juga tak kuat-kuat amat. Namun China mendapatkan dukungan dengan comeback-nya Lin Dan.

Kali ini, China tergabung dalam Grup A bersama Thailand dan Hong Kong. Dibandingkan dua negara itu, China memang diunggulkan untuk lolos sebagai juara grup.

Skuat China:

Putra: Lin Dan, Chen Long, Shi Yuqi, Fu Haifeng, Li Junhui, Liu Yuchen, Lu Kai, Zhang Nan, Zheng Siwei
Putri: Chen Yufei, He Bingjiao, Sun Yu, Bao Yixin, Chen Qingchen, Huang Dongping, Huang Yaqiong, Jia Yifan, Li Yinhui, Tang Jinhua

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed