DetikSport
Sabtu 20 Mei 2017, 10:09 WIB

Debut Tiga Komandan Baru di Piala Sudirman

Kris Fathoni W - detikSport
Debut Tiga Komandan Baru di Piala Sudirman Ilustrasi bulutangkis (Foto: Warren Little/Getty Images for Falcon)
Brisbane - Tiga sosok top dunia bulutangkis bersiap melakoni debutnya dalam menjalani peran baru sebagai komandan timnya masing-masing di Piala Sudirman 2017. Siapa saja mereka?

Buat Kenneth Jonassen, Xia Xuanze, dan Kang Kyung Jin, Piala Sudirman Cup di Gold Coast akan menjadi turnamen besar pertama mereka dalam memberi komando sebagai pelatih kepala tim Denmark, China, dan Korea Selatan secara berurutan.

"Akan tetapi ketiganya punya tantangan berbeda: Jonassen menangani line-up yang sudah mapan dan tampil oke; Xia punya tim yang mengombinasikan pengalaman dan pemain muda, sedangkan Kang harus mengandalkan bakat mentah di timnya," sebut BWFBadminton.com.

Kang sendiri, yang timnya tergabung di Grup B bersama Taiwan dan Rusia, mengaku antusias menghadapi tantangan yang ada. "Selalu ada awal dan akhir -- dan saya ingin melakukan yang terbaik untuk mengantar tim berjaya."

Ia pun menyatakan bahwa keterbatasan yang dihadapi timnya saat ini, khususnya dalam konteks personil tim, menjadi sebuah kesempatan buat para pemain muda untuk unjuk gigi.

"Anda tahu, sejarah Piala Sudirman itu penuh keajaiban. Kami mungkin kelihatan lemah dari segi peringkat dunia... tapi saya garap kami bisa mencapai final," katanya.

Xia sementara itu punya tantangan tak kalah besar mengingat dominasi China di Piala Sudirman, dengan memenangi 10 dari 14 gelaran turnamen tersebut. Ia tahu dirinya kini memikul ekspektasi China untuk melanjutkan dominasi. Ia juga menegaskan tekadnya untuk menjadikan ajang kali ini sebagai kawah candradimuka untuk menggembleng pemain muda.

"Ada banyak tim tangguh di kompetisi ini dan kami takkan lengah. Kami punya banyak pemain muda. Kami sudah ketinggalan dalam memupuk pemain-pemain muda. Kami tak punya banyak pemain muda level tinggi. Tapi kami akan memberi kesempatan buat pemain masa depan dan kami harap mereka bisa memaksimalkan kesempatan yang ada," tuturnya.

Sedangkan Jonassen mengakui bahwa dirinya sudah mewarisi skuat yang solid dari Lars Uhre. Tapi ia juga menegaskan kewaspadaan dengan berada di Grup D bersama Indonesia dan India.

"Saya pikir tak ada yang baru dalam perkara tekanan, mengingat saya bisa dibilang ikut pegang komando tim Piala Thomas (tahun lalu). Tapi dengan situasi saat ini tentu saja Anda merasakan sedikit tekanan tambahan. Namun, saya merasa kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin mengingat jadwalnya padat. Kami tak boleh berpikir terlalu jauh ke depan karena fase grup sangat berat buat Denmark. Pengundian kami berat sekali, tapi kami akan siap untuk Senin nanti," ucapnya.

Di sisi yang berseberangan dengan Kang, Xia, dan Jonassen, ada Park Joo Bong sosok veteran yang kini menjadi pelatih kepala tim Jepang. Ia menominasikan China dan Denmark sebagai favorit.

"Saya akan bilang China sebagai tim terkuat. Mungkin tak sekuat sebelumnya tapi masih tangguh untuk dikalahkan. Denmark juga sangat kuat," katanya.

Piala Sudirman kali ini akan berlangsung pada 21–28 Mei 2017. Dalam sejarahnya cuma ada tiga negara yang pernah jadi juara yakni China (10 kali), Korea Selatan (3), dan Indonesia (1). China juga menjuarai enam ajang terakhir.



(krs/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed