detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 09 Jun 2017 13:25 WIB

Susy Susanti dan Deretan Pemain Tersukses Lainnya di Indonesia Open

Femi Diah - detikSport
Susy Susanti menjadi pemain tunggal putri tersukses di Indonesia Open. Foto: AFP PHOTO/Peter PARKS
Jakarta - Indonesia Open Super Series Premier bergulir sebentar lagi. Deretan pemain tersukses masih didominasi pemain lokal. Siapa saja?

Sejak dihelat 1982, Indonesia Open masih dikuasai oleh para pebulutangkis tuan rumah. Indonesia mengoleksi 81 gelar juara dari lima nomor yang dipertandingkan.

Sejauh ini, Indonesia juga masih mendominasi deretan nama pebulutangkis paling sukses di Indonesia Open. Di antara nama-nama itu hanya Susy Susanti yang berhasil meraih enam gelar juara dari nomor tunggal putri.

Siapa saja yang lainnya?

Berikut daftar pemain paling sukses di Indonesia Open:

1. Susy Susanti

Susy Susanti mengoleksi enam juara Indonesia Open.Susy Susanti mengoleksi enam juara Indonesia Open. Foto: AFP PHOTO / TOMMY CHENG


Tak banyak nama pemain tunggal putri yang berjaya di Indonesia Open. Di antara yang sedikit itu, pencapaian Susy Susanti yang paling cemerlang.

Susy sukses mengukir namanya sebagai juara Indonesia Open sebanyak enam kali. Susy mencetak gelar juara empat tahun beruntun 1994-1998, sebagai lanjutan gelar juara pada tahun 1991 dan 1989.

Sampai saat ini, belum satupun pemain tunggal putri yang sanggup menyamai torehan Susy di Indonesia Terbuka itu. Bahkan Indoensia sudah terlalu lama paceklik gelar di sektor tunggal putri pada ajang itu. Gelar juara terakhir kali didapatkan oleh Ellen Angelina pada 2001 alias 16 tahun lalu.

2. Ardy B. Wiranata

Ardy B. Wiranata memiliki enam gelar juara Indonesia Open. Ardy B. Wiranata memiliki enam gelar juara Indonesia Open. Foto: dok. PB Djarum


Ardy B. Wiranata menjadi salah satu legenda Indonesia Open dengan mengoleksi enam gelar juara. Gelar-gelar juara itu didapatkannya dalam kurun waktu satu windu.

Ardy berhasil naik podium Indonesia Open untuk kali pertamanya pada tahun 1990. Dia merebut titel dari tangan pemain China, Xiong Guobao.

Dalam final itu, Ardy mengalahkan kompatriotnya, Eddy Kurniawan. Ardy menang dua gim langsung, 15-10 dan 15-5.

Ardy berhasil mempertahankan gelar juara pada dua pagelaran beruntun berikutnya, 1991 dan 1992. Di tahun berikutnya gelar juara berpindah ke tangan Alan Budikusuma. Ardy kembali menjadi kampiun pada 1994 dan mempertahankannya pada 1995.

Satu gelar serupa didapatkan pada tahun 1997. Di babak final, Ardy yang kini menjadi pelatih di Kanada mengalahkan Marlev Mainaky dengan skor 15-9 dan 15-3.

3. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat mengoleksi enam gelar juara Indonesia Open.Taufik Hidayat mengoleksi enam gelar juara Indonesia Open. Foto: Kiyoshi Ota/Getty Images

Taufik Hidayat juga berhasil mengoleksi enam gelar juara Indonesia Terbuka. Taufik meraih titel pertamanya saat berusia 18 tahun.

Gelar juara Indonesia Open pertama itu didapatkan Taufik pada tahun 1999. Dia mengalahkan Budi Santoso 17-14, 15-12 di partai final.

Taufik berhasil mempertahankannya setahun kemudian. Dia mengalahkan Ong Ewe Hock dari Malaysia 15-5, 15-13 pada babak final.

Pada 2001, Taufik secara mengejutkan kalah dari Agus Harianto di babak ketiga. Namun, kegagalan itu dia bayar dengan meraih tiga gelar beruntun.

Taufik kehilangan gelar juara pada tahun 2001. Tapi kemudian dia berhasil menjadi juara Indonesia Open tiga tahun beruntun (2002, 2003, dan 2004).

Taufik meraih gelar juara untuk kali keenam di Indonesia Open pada 2006. Di tahun sebelumnya titel lepas dan pemain Korea Lee Hyun Il yang menjadi juaranya.

4. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei mengejar gelar juara ketujuh di Indonesia Open 2017. Lee Chong Wei mengejar gelar juara ketujuh di Indonesia Open 2017. Foto: Reuters

Lee Chong Wei menjadi satu-satunya pemain asing yang mencatatkan rekor tersukses di Indonesia Open. Bahkan, bukan tidak mungkin dia bakal mencatatkan sejarah pada gelaran di JCC 12-18 Juni 2017.

Chong Wei tampil pada Indonesia Open 2017 ini dengan koleksi enam gelar juara. Titel pertama di Indonesia Open didapatkannya pada 2007.

Pemain Malaysia itu merebut gelar juara pada 2009. Dia berhasil mempertahankannya pada dua edisi beruntun 2010 dan 2011. Chong Wei menambah panjang deret juaranya pada 2013 dan yang terbaru pada 2016.

5. Tri Kusharjanto

Tri Kusharjanto/Minarti Timur lima kali juara dalam lima tahun di Indonesia Open. Tri Kusharjanto/Minarti Timur lima kali juara dalam lima tahun di Indonesia Open. Foto: Julian Finney/Getty Images

Dari sektor ganda hanya Tri Kusharjanto yang paling sukses di Indonesia Open. Dia satu-satunya pemain ganda yang berhasil mengoleksi enam gelar juara ajang tersebut.

Tri Kus mendapatkan gelar-gelar itu dengan pasangan yang berbeda. Bersama-sama dengan Minarti Timur yang kini menjadi asisten pelatih tunggal putri, Tri Kus meraih lima gelar juara secara beruntun (1995, 1996, 1997, 1998, dan 1999). Rekor itu masih dipegang pasangan Tri Kus dan Minarti.

Setelah pisah jalan dengan Minarti, Tri Kus tak padam. Bersama Emma Ermawati, Tri Kus berhasil menjadi juara Indonesia Open pada 2001.


(fem/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com