DetikSport
Selasa 13 Juni 2017, 17:25 WIB

Indonesia Terbuka

Menang dengan Susah Payah, Tontowi/Liliyana: Fokus dan Ngotot di Akhir Laga

Mercy Raya - detikSport
Menang dengan Susah Payah, Tontowi/Liliyana: Fokus dan Ngotot di Akhir Laga Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke babak kedua Indonesia Open 2017. Foto: Grandyos Zafna/detikSport
FOKUS BERITA: Indonesia Open 2017
Jakarta - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses melaju ke babak kedua Indonesia Open 2017. Mereka menang susah payah atas ganda Korea, Kim Dukyoung/Kim Ha Na.

Bermain di Plenary Hall Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Selasa (13/6/2017), Tontowi/Liliyana kehilangan gim pertama 19-21, 21-19, 21-18. Pasangan peraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro itu juga tak memenangi gim kedua dan ketiga dengan mudah. Mereka sempat tertinggal 10-15 pada gim ketiga. Perlahan-lahan mereka bisa mendekati poin Dukyoung/Ha Na 17-18.

Situasi memanas pada skor itu. Dukyoung/Ha Na melayangkan protes saat bola pengembalian Tontowi dinyatakan masuk oleh hakim garis dan wasit. Ganda campuran terbaik Tanah Air itupun mengimbangi Dukyoung/Ha Na 18-18.

Tontowi/Liliyana berbalik unggul 19-18 setelah pengembalian bola tanggung oleh Ha Na menyangkut di net.

"Saya tadi bermain cukup hati-hati jadi malah banyak error dan mati sendiri sehingga pola permainan kita tidak keluar di set pertama. Set kedua, saya coba bangkit, kami fokus terus, kemudian dikasih menang," kata Tontowi, soal jalannya pertandingan.

"Di gim ketiga kami coba walau sempat ketinggalan di 10-15, tapi akhirnya kami fokus dan pantang menyerah sampai akhirnya kami menang," tambah Owi.

Liliyana menyebut titik balik kemenangan mereka adalah saat skor kritis 19-18. Di mana poin yang harusnya keluar milik Tontowi/Liliyana dinyatakan masuk oleh wasit. Hasil itu pun membuat mereka menjadi lebih percaya diri.

"Poin 19-18 itu memang tipis. Itu mau bilang masuk atau out kami tidak bisa prediksi. Tapi saya bersyukur dinyatakan masuk. Kedua, keberuntungan buat kami karena bola tanggung banget. Jadi Kim Ha Na, mau langsung matikan tapi nyangkut bolanya," tutur Liliyana.

"Setelah itu, kami berpikir ini tanda-tanda nih, dari set kedua ketinggalan terus menang, lalu set ketiga juga, 10-15, ibarat kata orang berat nih, tapi dengan kerja keras terus sebelum game 21 kami tidak ingin menyerah. Jadi puji Tuhan kami dikasih menang hari ini," kata pemain yang akrab disapa Butet itu.



(mcy/fem)

FOKUS BERITA: Indonesia Open 2017
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed