DetikSport
Senin 19 Juni 2017, 13:17 WIB

Dianggap Belum Sejajar Federer, Nadal, dan Djokovic, Ini Respons Murray

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Dianggap Belum Sejajar Federer, Nadal, dan Djokovic, Ini Respons Murray Andy Murray dianggap belum sejajar Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic. Foto: James Chance/Getty Images
London - Petenis nomor satu dunia Andy Murray mendapat kritik tajam dari petenis legendaris John McEnroe. Meski begitu, Murray memilih menjawab dengan santai.

McEnroe baru-baru ini mengatakan bahwa Murray belum pantas disejajarkan dengan tiga petenis terbesar saat ini: Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic. Seperti diketahui, Murray baru mengoleksi 3 titel Grand Slam jauh tertinggal dari Federer (18), Nadal (15), dan Djokovic (12).

Selama ini, Murray selalu masuk dalam 'Big Four' bersama ketiga petenis itu. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa petenis Britania Raya itu memang tertinggal di antara mereka.

Namun demikian, Murray setidaknya memiliki prestasi yang tidak bisa disamai oleh Federer, Nadal, maupun Djokovic. Murray berhasil mempertahankan medali emas Olimpiade (2012, 2016). Sementara it pPrestasi Federer di Olimpiade mentok menjadi runner-up, Djokovic perunggu, sedangkan Nadal baru sekali meraih emas pada 2008.

"Bagiku, tidak penting apa yang orang lain pikirkan. Aku sangat bangga dengan medali-medali Olimpiadeku, sangat berarti bagiku," kata Murray dalam konferensi pers jelang turnamen Queen's Culub, yang dikutip AFP.

"Dalam tenis, banyak orang berpikir 'oh pria itu adalah pemain yang lebih baik karena dia memenangi lebih banyak Grand Slam daripada yang lain atau perempuan itu lebih baik karena banyak memenangi Grand Slam.'

"Kalau begitu, maka apa artinya kami di sini hari ini? Mengapa semua orang di sini melaporkan turnamen ini? Padahal ada banyak turamen di luar Grand Slam. Kalau Anda melihat jumlah titel dan segala hal yang mereka sudah menangi, aku tidak bisa membandingkan diriku dengan mereka," sambung dia.

"Mungkin ada satu atau dua hal yang sudah kulakukan dan mereka belum tapi untuk sebagaian besar karierku, aku akan selalu menjadi yang keempat. Tapi tidak benar kalau anggapan itu tahun lalu karena aku menduduki peringat pertama dunia. Aku lebih baik daripada mereka dalam 12 bulan terakhir, dan begitulah peringkat bekerja," ceplos Murray.

Setelah menjalani musim 2017 yang buruk, Murray kini menatap Wimbledon yang akan dilangsungkan awal Juli. Namun, sebelum itu Murray akan lebih dulu bertanding di turnamen pemanasan di Queen's Club.



(rin/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed