detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 13 Jul 2017 16:20 WIB

Juara Indonesia Open, Tontowi/Liliyana Diganjar Bonus Rp 500 Juta

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Sebagai juara Indonesia Open 2017, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir diguyur bonus dari Djarum Foundation dan Blibli.com. Nilainya mencapai Rp 500 juta.

Tontowi/Liliyana sukses menjadi juara Indonesia Open di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan, pertengahan Juni tahun ini. Ganda campuran terbaik Tanah Air itu menyegel gelar juara usai mengalahkan Zheng Siwei/Chen Qingchen dari China 22-20 dan 21-15 dalam duel berdurasi 45 menit.

Dengan sukses itu, mereka berhak mendapatkan hadiah sebesar USD 79 ribu atau setara dengan Rp 1,05 miliar sebagai hadiah turneman. Tontowi dan Liliyana mendapatkan tambahan bonus lagi pada Kamis (13/7/2017) dari Djarum Foundation dan Blibli.com. Djarum Foundation menguyur dengan bonus senilai Rp 400 juta dan Blibli.com menyerahkan voucher belanja senilai Rp 100 juta.

Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan penghargaan kepada Tontowi/Liliyana itu untuk mengapresiasi agar prestasi olahraga bulutangkis Indonesia tetap terjaga.

"Acara kali ini bagi saya rasanya lebih istimewa dibanding sebelumnya. Yang kami tahu Tontowi/Liliyana selalu mentok di semifinal dan final Indonesia Open. Sampai sebelum turnamen digelar ada pertanyaan dari wartawan, apakah bisa? dijawab mungkin kali ini bisa karena tempatnya pindah," kata Yoppy dalam pidato sambutannya di Senayan, Jakarta.

"Jawaban itu menurut saya cerdas karena membuka peluang untuk juara di sana. Dan, pada saat final benar saja seluruh hall mendukung, saya ingat para panitia berkumpul di dalam hal ingin menyaksikan Tontowi /Liliyana bisa merebut medali emas dan terbukti kita mendapatkannya.

"Kami juga gembira dengan kondisi yang kurang dari Liliyana tapi dia masih mau berjuang dan itu tercapai. Tentu tidak berlebihan Djarum Foundation untuk memberikan bonus," tambahnya.

Yoppy juga berharap prestasi gemilang dari pasangan yang digabungkan sejak 2012 ini bisa diteruskan sampai Kejuaraan Dunia Bukutangkis di Skotlandia pada Agustus mendatang. Di samping, dia juga berharap prestasi Tontowi/Liliyana bisa diikuti pemain-pemain muda.

"Kami menantang atlet muda supaya prestasi seniornya ini bisa memotivasi mereka. Dari kejuaraan junior, All England, Thomas Uber, Sudirman Cup, cuma satu yang belum tercapai yaitu beregunya. Nanti semoga bulan Agustus kita dapat gelar jika Allah mengizinkan. Semoga kita juga bisa menjadi juara dunia di Skotlandia," harap Yoppy.

Bagi Tontowi/Liliyana, keberhasilan di Indonesia Open Super Series 2017 sekaligus menuntaskan rasa penasaran mereka untuk bisa menjadi kampiun di kandang sendiri.

"Pastinya di acara ini saya berterimakasih kepada PB Djarum dan bulutangkis Indonesia karena terus mendukung kami dan dieri apresiasi dan dibuat acara suatu yang luar biasa. Semoga bisa memotivasi atlet muda dan membanggakan bangsa Indonesia," kata Liliyana.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com