DetikSport
Senin 24 Juli 2017, 19:35 WIB

Nadal Dinilai Kalah Hebat Dari Federer

Femi Diah - detikSport
Nadal Dinilai Kalah Hebat Dari Federer Rafael Nadal (Tony O'Brien/Reuters)
Jakarta - Rafel Nadal dinilai masih kalah hebat ketimbang Roger Federer. Kemenangan head to head Nadal atas Federer dan predikat raja lapangan tanah liat tak ada artinya.

Rivalitas Nadal, 31 tahun, dengan Federer, 35 tahun, memang masih menjadi rivalitas paling panas di jagat tenis. Sejauh ini, Nadal masih kalah dalam koleksi gelar juara grand slam dengan koleksi 15 gelar dari empat turnamen grand slam berbeda, 10 kali juara Prancis Open, Australia Open (1), Wimbledon (2), dan AS Open (2). Federer memiliki 19 gelar juara, Australia Open (5), Prancis Terbuka (1), Wimbledon (8), dan AS Open (5).

Nadal unggul dalam persaingan di Prancis Terbuka dengan pencapaian La Decima atas Federer. Dia bahkan berjuluk raja lapangan tanah liat. Selain itu, Nadal juga unggul dalam head to head atas Federer dengan angka 23-14.

Mantan petenis Amerika Serikat, John McEnroe, menilai statistik Nadal itu belum bisa mengalakan Federer.

"Beberapa tahun lalu, sebelum dia menderita cedera beberapa kali, statistik Nadal lebih oke ketimbang Roger, termasuk Piala Davis dan Olimpiade. Juga soal head to head mereka," kata McEnroe seperti dikutip Tennis.

Roger FedererRoger Federer (Julian Finney/Getty Images)


"Kemudian saat Nadal menurun karena cedera, Roger comeback dan membuat gebrakan. Kalau kita melihat laju sampai di babak semifinal, Riger menunjukkan kalau dialah petenis yang lebih konsisten.

"Saya rasa 10 gelar juara di Prancis Open tak membuat perbedaan besar. Akan berbeda kalau dia menjadi juara Wimbledon dua kali atau Amerika Serikat Terbuka lagi, ataupun kalau dia bisa menjadi jawara di final Australia Open tahun ini. Gelar juara di antara turnamen itu bisa mengubah penilaian orang," tutur McEnroe.


(fem/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed