DetikSport
Senin 14 Agustus 2017, 15:35 WIB

Timbangan Sama Berat PBSI Untuk SEA Games dan Kejuaraan Dunia

Femi Diah - detikSport
Timbangan Sama Berat PBSI Untuk SEA Games dan Kejuaraan Dunia PBSI saat konferensi pers sebelum ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan SEA Games 2017 Kuala Lumpur. (dok. Humas PBSI)
Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) ditunggu dua ajang yang sama berat Agustus ini. Target tinggi dipasang untuk SEA Games dan Kejuaraan Dunia.

Dalam kurun waktu yang hampir bersamaan, PBSI harus membagi kekuatan untuk berebut gelar dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Glasgow, Skotlandia dan SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Kejuaraan Dunia dihelat mulai 21-27 Agustus sedangkan SEA Games akan resmi dibuka 19 Agustus nanti,

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, tak menganaktirikan salah satu ajang itu. Dia menilai dua perhelatan itu mempunyai bobot sama besar sesuai dengan level pemain yang dimiliki Indonesia.

Khusus untuk Kejuaraan Dunia, Susy mematok target untuk mendapatkan satu gelar juara. Pemilik medali emas Olimpiade 1992 Barcelona itu bilang peluang paling besar ada pada sektor ganda putra dan ganda campuran.

"Target PBSI kali ini satu gelar juara. Sektor yang kami harapkan yaitu dari ganda putra dan ganda campuran. Kesiapan atlet sendiri cukup baik. Semoga kondisi terbaik ini bisa terus dipertahankan. Semangat dan kerja keras juga kami harapkan agar target bisa dicapai," kata Susy kepada wartawan di pelatnas Cipayung, Senin (14/8/2017).

Dari Kejuaraan Dunia paling akhir, tahun 2015, Indonesia yang berstatus tuan rumah meraih satu gelar. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi penyelamat muka skuat Merah Putih.

Menuju Kejuaraan Dunia kali, Indonesia mengirimkan wakil apda tiga sektor. Mereka Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, Sony Dwi Kuncoro, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia dan Irfan Fadhilah/Weni Angraini.

Sementara itu, para pemain yang ke SEA Games yang memulai pertandingan pada nomor beregu 22-24 Agustus, mematok target tiga medali emas. Tiga emas itu diharapkan berasal dari beregu putra, ganda putra, dan tunggal putra. Susy yang akan turun sebagai manajernya.

"Kans kita memang besar di beregu putra, dan memang target emas salah satunya dari nomor ini. Untuk beregu putri, kami fokus dulu sampai ke semifinal, di ganda putri ada pasangan Greysia/Apriani yang saya rasa bisa diandalkan," kata Susy.

Pada SEA Games 2015 di Singapura, tim bulutangkis Indonesia menjadi juara umum dengan tiga medali emas. Adalah beregu putra, ganda putra Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi serta ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto yang mendonasikan emas.

"Kami tidak memikirkan soal juara umum, yang paling penting target tiga emas terpenuhi dulu. Tetapi ini kan gengsi negara, siapapun pasti ingin jadi juara umum, kami pun ingin," ucap Susy.


(fem/mrp)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed