DetikSport
Senin 21 Agustus 2017, 12:00 WIB

Liliyana Natsir dkk Berburu Kado untuk HUT RI dari Kejuaraan Dunia

Femi Diah - detikSport
Liliyana Natsir dkk Berburu Kado untuk HUT RI dari Kejuaraan Dunia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi harapan untuk menjadi juara dunia lagi. (Grandyoz Zafna/detikSport)
Jakarta - Indonesia menurunkan skuat minimalis pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia. Upaya memberi kado ulang tahun Republik Indonesia ke-72 menjadi pemompa semangat.

Pasukan Indonesia hanya menurunkan wakil pada empat nomor pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang dimulai 21-27 Agustus. Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, dan Sony Dwi Kuncoro bakal tampil di sektor tunggal putra dan Lyanny Alessandra Mainaky di tunggal putri.

Kemudian, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro mewakili Indonesia pada nomor ganda putra. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia dan Irfan Fadhilah/Weni Angraini bertarung di sektor ganda campuran.

Di antara tiga nomor tersebut, ganda putra dan ganda campuran menjadi sektor yang digadang-gadang untuk membawa pulang gelar juara.

Tontowi/Liliyana dan Praveen/Debby menjadi kekuatan utama untuk membuktikan ketangguhan mereka. Dua wakil ini sudah cukup matang untuk bersaing di level dunia.

Tontowi dan Liliyana mempunyai bekal positif karena mereka dinilai bisa tampil lebih relaks. Kali ini, Tontowi/Liliyana turun tanpa beban untuk mengejar poin seperti menuju Ollimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Begitu pula dengan Praveen/Debby. Selain motivasi untuk membuktikan diri agar tak sekali juara turnamen bergengsi, mereka juga bermodal hasil dari dua kejuaraan Dunai lalu, pada 2014 dan 2015 dengan melaju ke babak perempatfinal.

Nah, Kevin/Marcus juga bisa memanfaatkan ajang itu untuk unjuk gigi. Dengan berada di urutan ketiga dunia, mereka diharapkan mampu kembali menunjukkan kemampuan terbaik seperti dalam tiga super series di awal tahun.

Semangat lain ditanamkan pengurus PP PBSI untuk para pemain yang turun di Glasgow. Mumpung masih di bulan Agustus, PBSI ingin mempersembahkan kado manis kepada Indonesia.

"Target kan sudah ditentukan, semoga gelar juara bisa diraih agar bisa sekalgus menjadi kado untuk HUT RI ke-72," kata Ricky Soebagdja, humas PP PBSI, Senin (21/8/2017).

Senada, Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto, kali ini skuat Merah Putih tak hanya ingin mengulang raihan positif dua tahun lalu di Jakarta. Tapi, juga memberikan kado indah untuk Republik Indonesia.

"Tim World Championship ini akan berusaha yang terbaik sehingga paling tidak bisa mengulang prestasi dua tahun silam, syukur-syukur bisa seperti tahun 2013. Sukses itu akan menjadi kado terbaik bagi negara dan bangsa Indonesia yang sedang merayakan ulang tahun kemerdekaan RI ke-72," ucap Budi yang mendampingi pemain ke Glasgow.



(fem/krs)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed