DetikSport
Minggu 27 Agustus 2017, 15:35 WIB

SEA Games 2017

Ihsan dan Jonatan ke Semifinal

Kris Fathoni W - detikSport
Ihsan dan Jonatan ke Semifinal Foto: dok: Tim Humas dan Social Media PP PBSI
Kuala Lumpur - Ihsan Maulana Mustofa dan Jonatan Christie lolos ke semifinal tunggal putra SEA Games 2017, memunculkan asa All Indonesian Final di nomor tersebut.

Di Axiata Hall, Kuala Lumpur, Minggu (27/8/2017) sore WIB, Ihsan berhasil memetik kemenangan 22-20 dan 21-11 untuk mengatasi pemain Singapura Kean Yew Loh yang jadi lawannya di partai perempatfinal.

Hasil ini membawa Ihsan, yang unggulan tiga, menembus babak empat besar. Ia akan berhadapan dengan unggulan dua Khosit Phetpradab asal Thailand dalam partai perebutan tiket final.

Di nomor tunggal putra lain sebelumnya, Jonatan menang 21-13 dan 21-13 atas Ng Zin Rei Ryan. Jonatan, yang jad unggulan pertama, membutuhkan 27 menit saja untuk mengatasi lawannya yang asal Singapura.

Dengan hasil tersebut maka Jonatan berhak maju ke semifinal untuk menghadapi Tien Minh Nguyen (Vietnam) yang maju ke empat besar usai menyisihkan Iskandar Zulkarnain, pebulutangkis tuan rumah unggulan empat.

Jonatan dan Ihsan tentu diharapkan sama-sama bisa terus melaju dan melewati partai semifinalnya masing-masing, untuk kemudian menciptakan All Indonesian Final sekaligus mengamankan emas tunggal putra.

Sayangnya sukses serupa tak diikuti Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia yang turun di ganda campuran. Ganda campuran Indonesia yang tersisa itu terhenti di perempatfinal usai kalah 12-21 dan 15-21 dari unggulan empat Bodin Issara/Savitree Amitrapai (Thailand).

"Hafiz/Shela tidak tampil seperti biasanya, terutama Shela, kalau pemain depan di mixed doubles, saat tidak ketemu touch atau lama dapetnya, bisa nggak ada permainan. sangat disayangkan," komentar Vita Marissa dalam rilis Tim Humas Dan Media PP PBSI.

Hasil tersebut turut memastikan sektor ganda campuran gagal mempertahankan medali emas yang diraih pada SEA Games 2015. Sebelum ini ganda campuran lain, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, mundur di babak pertama akibat cedera Edi.

Kekalahan juga dialami Fitriani saat berhadapan dengan tunggal putri Malaysia, Goh Jin Wei. Bertarung selama 58 menit, Fitriani tunduk 21-13, 15-21, dan 12-21.

Pun demikian, Gregoria Mariska Tunjung masih menjaga asa Indonesia di tunggal putri berkat keberhasilan menembus semifinal setelah menang 17-21, 22-20, dan 21-17 atas pebulutangkis Thailand unggulan pertama, Busanan Ongbamrungphan.

Masih akan turun dua ganda putra Indonesia, yakni Berry Angriawan/Hardianto dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam pertandingan hari ini.



(krs/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed