DetikSport
Selasa 19 September 2017, 07:55 WIB

Sampras: Nadal Bisa Lampaui Titel Grand Slam Federer, Asalkan...

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Sampras: Nadal Bisa Lampaui Titel Grand Slam Federer, Asalkan... Roger Federer dan Rafael Nadal di final Miami Terbuka 2017. Foto: Rob Foldy/Getty Images
London - Rekor titel Grand Slam Roger Federer masih dalam jangkauan Rafael Nadal. Nadal diyakini bisa melewati Federer kalau mempertahankan motivasi bermainnya.

Grand Slam tahun ini menjadi milik kedua petenis itu. Federer menjuarai Australia Terbuka dan Wimbledon sedangkan Nadal merengkuh titel di Roland Garros dan AS Terbuka.

Dengan demikian, Federer telah mengoleksi 19 gelar Grand Slam, tiga lebih banyak dari Nadal yang memiliki 16 gelar. Namun, cukup realistis bagi Nadal untuk mengejar Federer lantaran perbedaan usia mereka yang terpaut cukup jauh: 5 tahun.

Pete Sampras, peraih 14 titel Grand Slam, percaya Nadal masih bisa meraih gelar-gelar mayor lainnya. Melampaui Federer bukanlah hal yang mustahil asalkan Nadal memiliki gairah bermain yang besar seiring bertambah usianya.

"Bisakah Rafa mengalahkan rekor Roger? Pada dasarnya, hal itu terserah Rafa dan seberapa besar dia ingin bermain dan seberapa besar dia mencintai permainan ini," Sampras mengungkapkan kepada Independent.

"Kalau dia bilang: 'Hei, aku akan bermain sampai setidaknya umur 35 tahun', saya akan mengatakan bahwa dia akan punya peluang bagus untuk hal itu (memecahkan rekor Federer). Kalau Anda hitung-hitungan, dia akan memiliki banyak peluang memenangi Grand Slam dan dia punya gairah serta ambisi untuk terus memenanginya."

"Dia akan selalu menjadi favorit di Prancis Terbuka dan meskipun Wimbledon akan sedikit sulit, di dua Grand Slam lain dia akan selalu menjadi dua favorit teratas. Jadi itu sepenuhnya tergantung Rafa kalau dia ingin bermain sampai usia seperti Roger."
(rin/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed