DetikSport
Kamis 05 Oktober 2017, 08:18 WIB

Kebangkitan Nadal dan Federer Kejutkan McEnroe

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kebangkitan Nadal dan Federer Kejutkan McEnroe Rafael Nadal dan Roger Federer di final Australia Terbuka 2017 (Scott Barbour/Getty Images)
New York - Di usia yang tak lagi muda, Rafael Nadal dan Roger Federer menunjukkan bahwa mereka masih sanggup mendominasi tenis putra. Bagi John McEnroe, ini adalah hal mengejutkan.

Nadal (31 tahun) dan Federer (36 tahun) masing-masing memenangi dua gelar Grand Slam pada tahun ini. Nadal menjadi juara di Prancis Terbuka dan Amerika Serikat Terbuka, sedangkan Federer berjaya di Australia Terbuka dan Wimbledon.

Kesuksesan Nadal dan Federer adalah bukti bahwa mereka belum habis. Nadal sebelumnya puasa gelar Grand Slam pada 2015 dan 2016, sedangkan Federer harus menunggu hampir lima tahun sebelum memenangi gelar Grand Slam lagi di Australia pada Januari lalu.

Saat Nadal dan Federer kembali ke performa terbaiknya, Novak Djokovic dan Andy Murray justru tengah menurun. Djokovic dan Murray diganggu cedera dan akan menepi hingga akhir musim ini.

McEnroe, mantan petenis AS yang mengoleksi tujuh gelar Grand Slam, mengaku tak menyangka Nadal dan Federer akan kembali mendominasi tenis putra.

"Tentu saja saya terkejut. Saya pikir mereka juga tak akan menyangka akan menyapu bersih empat gelar Grand Slam," tutur McEnroe kepada Marca.

"Final di antara mereka di Australia Terbuka adalah pertandingan terbaik tahun ini. Yang mereka lakukan luar biasa. Jika Anda tak bermain selama enam bulan, mustahil bisa tampil di puncak permainan," tambahnya.

"Federer bukan cuma bermain bagus, tapi juga menunjukkan karakter hebat," katanya.

Federer (19 gelar) dan Nadal (16 gelar) saat ini berada di dua posisi teratas dalam daftar pengumpul gelar Grand Slam terbanyak sepanjang masa. Keduanya juga menempati dua posisi teratas dalam daftar peringkat ATP sekarang dengan Nadal menjadi petenis nomor satu dunia lagi.

McEnroe menjagokan Nadal akan tetap berada di posisinya itu hingga akhir tahun.

"Saya pikir Rafa adalah favoritnya. Pertama-tama karena keunggulan yang dia miliki dalam hal poin dan yang kedua karena saya tak tahu Roger akan main sebanyak apa dari sekarang hingga November," ujarnya.

"Segalanya mungkin, tapi Nadal punya peluang lebih besar untuk tetap di puncak setelah Masters," kata McEnroe.



(mfi/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed