DetikSport
Rabu 11 Oktober 2017, 14:40 WIB

Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior

Kala Pebulutangkis Asing Jajal Blangkon dan Mahkota Wayang

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Kala Pebulutangkis Asing Jajal Blangkon dan Mahkota Wayang Cho Weng U, pebulutangkis asal Makau di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2017. (Okdwitya Karina Sari/detikSport)
Yogyakarta - Para peserta Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2017 di Yogyakarta, tidak cuma bertanding dan bertanding. Ada kalanya, mereka ditantang untuk berpose di depan kamera.

Tantangan tersebut disiapkan oleh pihak penyelenggara dengan tema yang berbeda setiap hari. Sesuai dengan moto kejuaraan "World, Culture, dan Friendship," para pebulutangkis dengan usia di bawah 19 tahun itu diminta untuk memenuhi tantangan yang dilakukan di area mixed zone GOR Among Raga.

Pada Senin (9/10/2017), pebulutangkis putra Brasil, Fabricio Farias, mengenakan blangkon (penutup kepala pakaian adat Jawa) seusai bertanding. Atlet berusia 17 tahun itu pertama-tama diminta untuk mengucapkan selamat datang di Kejuaraan Dunia Junior 2017 dengan bahasa Inggris dan bahasa negaranya sendiri dengan bergaya. Kemudian, dia diberi pertanyaan cepat dan diminta memberikan jawaban singkat.

Lain halnya dengan pebulutangkis Makau, Cho Weng U dan I Kuan Ao. Pada sesi Selasa (10/10), Cho mendapatkan giliran pertama dan diharuskan untuk menangkupkan kedua telapak tangan di depan dada, lalu membungkuk dan mengucapkan "Sugeng Rawuh" (selamat datang) sembari mengenakan mahkota wayang yang terbuat dari kertas. Mengingat kendala bahasa, Cho butuh beberapa kali pengambilan sebelum sukses.

Setelah itu, panitia meminta Cho untuk mengingat-ingat kata-kata dalam bahasa Indonesia seperti Borobudur, Gudeg, Aku Cinta Kamu, Bulutangkis, dan Andong kemudian mengejanya. Cho gagal, tapi I Kuan Ao bisa mengeja Andong dengan benar.

Kejuaraan Dunia Junior 2017 digelar pada 9-22 Oktober di GOR Among Raga, Yogyakarta. dengan nomor beregu dan individual. Di nomor beregu, Indonesia telah memastikan tempat di perempatfinal usai mengalahkan Spanyol.



(rin/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed