DetikSport
Kamis 12 Oktober 2017, 17:47 WIB

Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior

Indonesia Terhenti di Perempatfinal, Ini Komentar Susy Susanti

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Indonesia Terhenti di Perempatfinal, Ini Komentar Susy Susanti Foto: Okdwitya Karina Sari/detikSport
Yogyakarta - Indonesia hanya sampai perempatfinal setelah dipaksa mengakui keunggulan China 1-3. Manajer tim junior Indonesia, Susy Susanti menyoroti kendurnya permainan.

Bertanding di GOR Among Raga, Yogyakarta, Kamis (12/10/2017), satu-satunya kemenangan Indonesia berasal dari tunggal putri yang turun di partai kedua.

Diawali dengan kekalahan ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana 21-13, 18-21, 15-21 dari Fan Qiuyue/Wang Chan. Gregoria Mariska Tunjung menyeimbangkan kedudukan usai menundukkan Han Yue 21-17, 21-17.

Indonesia kembali tertinggal usai kalah di partai ketiga. Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu membuang keunggulan di gim pertama sehingga menyerah 21-16, 15-21, 13-21. Sampai akhirnya ganda putri Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto tak kuasa membendung China usai kalah 9-21, 15-21.

Nomor ganda putra dan tunggal putra sejak awal memang kurang diunggulkan. Namun, Fikri/Adnan dan Gatjra punya peluang memenangi pertandingan, yang mungkin saja bisa mengubah hasil akhir.

"Hari ini Indonesia harus mengakui China, karena memang seperti yang sudah kami prediksi kans kita di tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Tapi ganda putra tadi sebenarnya ada kesempatan set pertama bisa menekan lawan, di set kedua pun ada kesempatan tapi di saat poin-poin kritis agak sedikit tegang sehingga kesempatan itu hilang. Di set ketiga jadi di bawah tekanan," kata Susy di konferensi pers.

"Di tunggal putra sayang sekali, Gatjra di set pertama bermain dengan gemilang cukup baik, tapi di set kedua pola permainan sedikit berubah, tertekan dan sehingga akhirnya kalah.

"Faktor set ketiga harus diperhatikan di mana itu penentuan sehingga harus diperbaiki lagi. Stamina, konsentrasi, fokus, keberanian dan keyakinan saya rasa itu yang menjadi kendala kita di pertandingan kali ini," sambung dia.

Meski kalah, Indonesia masih akan bertanding pada malam ini melawan Thailand, yang di partai lainnya dikalahkan Jepang 2-3. Indonesia mesti menebus hasil mengecewakan di perempatfinal.

"Kita harus mempersiapkan diri lagi, kita berharap mencari ranking tertinggi karena terus terang di delapan besar ini kekuatannya hampir rata semua," imbuh Susy.
(rin/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed