DetikSport
Kamis 02 November 2017, 19:51 WIB

Terima Bonus Juara Dunia, Rinov Mengenang Momen Penentuan Pasangan

- detikSport
Terima Bonus Juara Dunia, Rinov Mengenang Momen Penentuan Pasangan Foto: dok. Humas PBSI
Jakarta - Rinov Rivaldy diganjar bonus usai menjadi juara dunia bulutangkis junior 2017. Dia juga mengingat momen mendebarkan saat sang pelatih menyodorkan pasangan untuknya.

Rinov masih tak percaya menyandang gelar juara dunia. Rinov terkejut sekaligus bangga dengan keberhasilan itu.

Dia sekaligus berhasil mengakhiri puasa gelar juara ganda campuran di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangksi sejak 2012. Sebuah bonus juga didapatkan dengan guyuran bonus dari PB Djarum, klub tempatnya dibessarkan.

"Target sih ada, tapi untuk menjadi juara sama sekali tidak menyangka apalagi baru dipasangkan dengan Mentari," kata Rinov, usai menerima penghargaan bonus dari PB Djarum di Grand Indonesia, Kamis (2/11/2017).

Apalagi, sukses itu didapatkan saat berpasangan dengan pebulutangkis putri yang bukan pasangannya. Saat tampil di GOR Among Rogo, Yogyakarta pada awal Oktober, dia dipasangkan dengan Phita Haningtyas Mentari. Mereka tak diunggulkan sama sekali.

Pitha adalah pasangan dadakan. Biasanya dia tampil bersama dengan Angelica Wiratama dalam turnamen-turnamen terbuka.

Rinov Rizaldy juara bersama Phita Haningtyas MentariRinov Rizaldy juara bersama Phita Haningtyas Mentari (Tim Humas Dan Social Media PP PBSI)
Bahkan, sang pelatih, Nova Widianto, tak langsung memasnagkan Rinov dengan Phita. Lima hari sebelum dipastikan berduet dengan Phita, dia mendaftarkan Rinov dengan Ribka Sugiarto.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Phita lah yang diinstruksikan untuk menjadi pasangan Rinov. Nova bilang karakter permainan Phita lebih klop dengan gaya Rinov.

"Saya tidak bisa menjelaskan mana yang lebih nyaman dengan saya, apakah Mentari atau Angel. Tapi yang jelas masing-masing punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saya juga percaya dengan pilihan dari pelatih dan apa yang cocok dengan saya," Rinov menjelaskan soal pergantian pasangan.

Karena itu, meski terbilang pasangan baru, atlet yang pada 12 November nanti genap berusia 18 tahun itu tetap berupaya untuk memberikan terbaik di rumah sendiri.

"Saat pertandingan gugup, beban, selalu ada. Tetapi saya dan Mentari meski sudah tahu tugas masing-masing tetap saling mengingatkan saja dan menjaga kondisi paling baik untuk memberikan hasil yang terbaik dan akhirnya kami berhasil menjadi juara. Tentu ini prestasi yang membanggakan," ujar dia.

Setelah tampil di World Junior Championship dan USM Flypower Indonesia International Challenge 2017, Rinov sudah ditunggu pertandingan selanjutnya, Djarum Sirkuit Nasional pada 6-11 November di GOR Sudirman, Surabaya. Di ajang itu dia akan tampil di nomor ganda campuran bersama mentari.

"Untuk Sirnas persiapan kurang karena kemarin baru dari Semarang, sementara pertandingan sudah dekat. Ya tetap tampil terbaik dan harus punya target," dia mengharapkan.


(mcy/fem)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed