DetikSport
Selasa 14 November 2017, 19:37 WIB

Ini Rahasia Tenaga Ekstra dan Kecepatan Apriyani Rahayu

Femi Diah - detikSport
Ini Rahasia Tenaga Ekstra dan Kecepatan Apriyani Rahayu Apriyani Rahayu, pasangan Greysia Polii (Hasan Alhabshy/detikSport)
Jakarta - Apriyani Rahayu istimewa dengan kecepatan kaki, smes kencang, dan refleksnya. Pasangan Greysia Polii itu rupanya terbiasa bekerja di sawah.

Popularitas Apriyani melejit usai menjadi juara Prancis Terbuka 2017 bersama Greysia. Pukulan-pukulan penuh tenaga dan kecepatan pergerakan kaki, serta respons Apriyani mendapatkan pujian.

Kombinasi kemampuan itu menjadi modal Apriyani yang sebenarnya tak tinggi-tinggi amat. Tinggi badan pemain 19 tahun itu 'hanya' 163 cm.

"Saya cuma latihan seperti teman-teman lain. Jadwal latihan fisik, saya latihan fisik, jadwal latihan teknik, saya juga latihan teknik," kata Apriyani beberapa waktu lalu.

Bisa jadi, menurut Apriyani, kemampuan itu didapatkan dari luar bulutangkis. Saat masih tinggal bersama orang tua, Amiruddin P. dan Siti Djauhar, Apriyani kerap turun ke sawah. Bukan sekadar bermain-main tapi dia membantu seluruh proses, dari menanam, merawat padi, sampai panen.


Apriyani Rahayu bersama Greysia PoliiApriyani Rahayu bersama Greysia Polii (Hasan Al Habsyi/detikSport)


Bisa dibayangkan bukan, saat Apriyani turun ke sawah yang sedang berlumpur di bawah sinar matahari. Juga ketika dia ikut panen di atas tanah kering.

"Saat nanam padi saya ikut membantu, bukan cuma main-main. Saya biasa macul (menyangkul)," Apri, sapaan karib Apriyani, mengenang.

Aktivitas itu masih dilakukan Apri bahkan setelah dia berlatih di PB Konawe. Dia menambah 'latihan fisik' dengan jalan kaki dari rumah ke tempat latihan.

"Bisa jadi juga karena saya biasa jalan kaki dari rumah ke GOR tempat latihan. Kalau di sini setara dari Cipayung ke Cibubur Junction. Sepekan bisa tiga sampai empat kali, saat berangkat masih panas," ujar Apri.

"Bisa jadi juga karena saya rajin minum susu sejak kecil," tutur bungsu dari empat besaudara itu kemudian tertawa.

Dalam prosesnya, dari hadiah berbagai kejuaraan yang diikuti, Apri membangun lapangan latihan di belakang rumah. Setelah lapangan dimiliki, Apri sudah direkrut PB Pelita Bakri di Jakarta. Dari Pelita Bakri, dia bergabung dengan PB Jaya Raya Jakarta. Sejak awal tahun ini, Apri menjadi skuat pelatnas.

Apri bersama Gerysia bakal menjalani ujian terdekat di China Terbuka Super Series Premier. Jangan sampai melewatkan duet Apri dan Greysia ya!



(fem/nds)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed