DetikSport
Jumat 17 November 2017, 06:30 WIB

ATP Finals

Federer Sapu Bersih Fase Grup

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Federer Sapu Bersih Fase Grup Foto: Alex Pantling/Getty Images Sport
London - Roger Federer menyapu bersih seluruh laga fase grup ATP Finals 2017. Sudah dipastikan ke semifinal, Federer tak mengendur saat menghadapi Marin Cilic.

Melakoni laga terakhirnya di Grup Boris Becker di O2 Arena, Jumat (17/11/2017) dinihari WIB, Federer sejatinya sudah memastikan satu tempat di semifinal selepas mengandaskan Alexander Zverev di partai kedua. Namun petenis peringkat dua dunia itu tetap tampil prima untuk mengatasi Cilic.

Federer lebih dulu kehilangan set pembuka, setelah Cilic menekuknya 6-7. Tapi Federer kemudian tak terbendung di dua set berikutnya, menang dengan meyakinkan 6-4 dan 6-1.

Hasil ini berarti Federer menyapu bersih ketiga pertandingannya, memenangi enam set dan cuma kehilangan dua set. Federer menjadi juara grup, didampingi Jack Sock yang lolos sebagai runner-up.

"Ini tidaklah mudah. Maksud saya, lihat saja, ini adalah lapangan yang cepat. Ini indoor. Kita sudah melihatnya, bahwa ketika Anda kehilangan kesempatan sedikit terlalu banyak, Anda bisa benar-benar membayarnya di turnamen ini," ungkap Federer usai pertandingan.

"Jadi kita sudah melihat sejumlah momentum yang berayun di banyak pertandingan pekan ini. Saya rasa di awal saya sedikit terlalu agresif di set pertama pada sejumlah poin krusial alih-alih bermain sabar."

"Saya bisa membalikkan situasi itu di set kedua, kemudian bermain lebih nyaman di set ketiga. Mungkin juga level Marin menurun, saya tak tahu juga. Tapi memang sempat berbahaya di sana," tandasnya seperti dilansir situs resmi ATP.

Sementara itu, Sock mengunci tiket semifinal usai menaklukkan Zverev dalam pertarungan tiga set, 6-4, 1-6, dan 6-4. Dia lolos dengan catatan dua kemenangan dan satu kekalahan.

Sock selanjutnya akan menghadapi juara Grup Pete Sampras yakni Grigor Dimitrov. Sementara Federer masih harus menanti lawan, yakni antara Dominic Thiem atau David Goffin.
(raw/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed