DetikSport
Kamis 07 Desember 2017, 17:55 WIB

Hendra Setiawan Tak Permasalahkan Status Magang di Pelatnas Cipayung

Mercy Raya - detikSport
Hendra Setiawan Tak Permasalahkan Status Magang di Pelatnas Cipayung Hendra Setiawan akan masuk pelatnas sebagai pemain magang. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Hendra Setiawan masuk rencana PBSI lagi mulai tahun depan. Dia tak keberatan dengan status magang.

Kesempatan untuk kembali ke pelatnas didapatkan Hendra lagi. Bersama Mohammad Ahsan, Hendra menjadi juara Kejuaraan Nasional Bulutangkis di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, pada 2 Desember 2017.

Di sisi lain, pelatnas ganda putra krisis pelapis. Saat ini, boleh dibilang hanya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang konsisten. Padahal, Indonesia membutuhkan lebih dari satu pasang ganda putra yang solid menuju Piala Thomas dan Asian Games 2018.

Sesuai dengan regulasi PBSI, tiket dari juara Kejurnas itu tak membuat status Hendra menjadi pemain pelatnas. Dia akan berlatih bersama-sama pemain pelatnas dengan predikat magang. Artinya, Hendra harus memenuhi kebutuhan sendiri untuk mengikuti agenda Timnas.

"Saya, jika diminta memperkuat (Timnas), siap saja selama masih mampu. Cuma kemarin sempat bertemu dengan Ci Susy Susanti (Kabidbinpres PBSI) statusnya magang, bukan masuk pelatnas seperti sebelumnya," kata Hendra kepada detikSport, Kamis (7/12/2017).

"(Dengan magang) saya jadi pemain junior biasa he he he. Kalau magang kan biayanya sendiri. Jayaraya yang sponsor," Hendra menjelaskan.

Di pelatnas nanti, Hendra akan kembali dipasangkan dengan Mohammad Ahsan. Uji coba pertama bakal dilakoni Hendra/Ahsan pada Indonesian Master Bulutangkis di Jakarta pada Januari 2018.

"Masalah pasangan saya mengikuti arahan dari Koh Herry. Siapapun saya siap. Bersama Ahsan saya sudah pernah, Angga juga pernah berpasangan saat Kejurnas, begitu pula dengan Rian Agung Saputro," kata dia.

"Tapi, saya belum ketemu dengan pelatih karena kemarin dari Kejurnas langsung ke China jadi belum ada pembicaraan lebih lanjut," dia menambahkan.

Mulai Berani Rancang Rencana ke Asian Games 2018

Dengan masuk pelatnas, Hendra mulai menghidupkan lagi angan-angan untuk tampil di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang. Dia berhasrat bisa menjadi salah satu kontestan pada pesta olahraga negara-negara Asia itu sebagai tuan rumah.

Ya, tampil di Asian Games sebenarnya sudah menjadi angan-angan Hendra usai Olimpiade Rio. Tapi, ternyata Hendra tak lagi dipertahankan di pelatnas.

"Asian Games salah satu even penting juga. Ya, harapannya jika oke, bisa dapat medali," ujar Hendra yang memiliki dua medali emas Asian Games, 2010 Guangzhou bersama Markis Kido dan 2014 Incheon bersama Ahsan.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed