detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 14 Des 2017 13:35 WIB

Eddy Hartono Harapkan Dua Medali Emas Bulutangkis di Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Foto: Warren Little/Getty Images for Falcon Foto: Warren Little/Getty Images for Falcon
Jakarta - Legenda bulutangkis Eddy Hartono punya harapan tersendiri kepada para atlet-atlet bulutangkis Indonesia. Dia mengharapkan dua medali emas di Asian Games 2018.

"Peluang Indonesia di Asian Games, jika melihat hasil super series, ya kami optimistis. Yang kami harapkan dua medali emas dari ganda putra dan ganda campuran," kata Eddy.

Eddy merupakan salah satu atlet ganda terbaik pada era 80-an. Bersama Rudi Gunawan, Eddy merupakan ganda terbaik Indonesia yang posisinya sejajar dengan ganda terbaik dunia saat itu, Park Joo-Bon/Kim Mon So (korea Selatan), Tiang Bingyi/Li Yongbo (China), dan Razif Sidek/Jailani Sidek (Malaysia). Eddy juga meraih medali perak di Olimpiade Barcelona bersama Rudy Gunawan.

Saat ini Indonesia setidaknya memiliki sejumlah nama yang dapat jadi andalan utama semacam Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di ganda putra. Atau Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran.

Secara umum, Eddy juga bicara mengenai persaingan yang lebih sengit di dunia bulutangkis secara global. Menurutnya, itu tidak lepas dari pesatnya perkembangan bulutangkis di banyak negara.

"Setelah (bulutangkis) masuk Olimpiade, negara-negara lain itu berpacu. Seperti Spanyol, dulu mereka tidak punya pemain, sementara sekarang menghasilkan Carolina Marin. Jadi menurut saya memang persaingan sekarang kompetisinya lebih kompetitif," katanya.

"Contoh lain, dulu China selalu dominan. Sampai bosen, all final China, all semifinal china. Tapi sekarang ada India, Jepang. Dan saya kira ini bagus untuk perkembangan bulutangkis. Tinggal tergantung atletnya mau latihan keras atau tidak," ucap dia.


(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed