DetikSport
Jumat 22 Desember 2017, 16:06 WIB

Sempat Tinggalkan Pelatnas, Kini Marcus Fernaldi Cetak Sejarah Bersama Kevin

Femi Diah - detikSport
Sempat Tinggalkan Pelatnas, Kini Marcus Fernaldi Cetak Sejarah Bersama Kevin Marcus Fernaldi Gideon (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Marcus Fernaldi Gideon sempat terpental dari pelatnas PBSI. Namun kini, bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo, dia berhasil mencetak sejarah.

Kecewa tak diberangkatkan ke All England 2013, Marcus, yang waktu itu berpasangan dengan Agripina Prima Rahmanto Putra, mengambil keputusan mengejutkan. Mereka kompak memutuskan untuk meninggalkan pelatnas.

Dua tahun berada di luar pelatnas, Marcus tak menghilang. Dia justru menunjukkan diri mampu bersaing di papan atas dunia. Bersama Markis Kido, Marcus menjadi juara Prancis Terbuka 2013.

Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon (dok. PBSI)

Marcus kembali dipanggil ke pelatnas pada awal 2015. Dia dipasangkan dengan Kevin.

Tak butuh waktu lama, mereka mampu menjawab tantangan PBSI. Bahkan, laju mereka lebih cepat ketimbang ganda putra yang sudah lebih lama di pelatnas.

Sepanjang 2016, Kevin/Marcus meraih tiga gelar juara super series; India Terbuka, Australia Terbuka, dan China Terbuka. Nama mereka makin melejit dan diperhitungkan tahun ini dengan mengoleksi tujuh gelar super series, Salah satunya World Super Series di Dubai.

"Semua itu berkat Tuhan. Selama ini mereka latihannya rajin, fokus, dan konsentrasi per turnamen. Jadi Tuhan menjawabnya. Saya tak pernah menyangka Kevin dan Marcus meraih tujuh gelar juara super series tahun ini," kata Kurnia Hu, ayah Marcus, yang dihubungi detikSport, Jumat (22/12/2017).


Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (dok. Humas PBSI)

"Dulu (Marcus) sempat keluar dari pelatnas. Itu semua jalannya Tuhan, kalau tidak keluar belum tentu dia dipasangkan sama Kevin dan meraih semua ini," tutur Kurnia Hu yang juga mantan pebulutangkis itu.

Tak hanya membuat sejarah baru dengan tujuh gelar juara dalam satu tahun, Kevin dan Marcus juga selalu menyajikan pertandingan yang menarik untuk ditonton. Mereka atraktif dan mampu menghibur penonton namun menjengkelkan bagi lawan-lawan di atas lapangan.
(fem/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed