detiksport
Follow detikSport
Selasa, 26 Des 2017 19:32 WIB

Nadal Tak Terobsesi dengan Federer

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Foto: Lintao Zhang/Getty Images Foto: Lintao Zhang/Getty Images
Madrid - Rafael Nadal tak ingin seperti Roger Federer. Nadal tak memikirkan 'umur panjang' karier Federer, juga tidak akan ngoyo mengejar gelar Grand Slam sang rival.

Federer masih memimpin perolehan terbanyak titel Grand Slam (19), unggul tiga dari Nadal. Di usia yang mencapai 36 tahun, petenis Swiss itu diyakini masih sanggup bertahan beberapa tahun lagi untuk bersaing di level tertinggi apalagi setelah terlahir kembali dengan gaya permainan yang lebih efisien.

Meski masih jauh unggul secara head to head (23-15), Nadal belakangan keteteran dengan Federer. Dalam lima pertemuan terakhir kedua petenis, tidak sekalipun Nadal bisa menang, termasuk tiga final di Australia Terbuka, Miami Masters, dan Shanghai Masters.

Usia Nadal saat ini sudah mencapai 31 tahun, lima tahun lebih muda daripada petenis Swiss itu. Meski begitu, petenis kidal Spanyol itu ragu akan mampu bertahan selama Federer.

"Aku tidak memikirkannya. Semua orang punya jalan sendiri-sendiri dan berbeda. Kupikir yang bagus untuk seseorang, belum tentu bagus untuk orang lain," kata petenis nomor satu dunia itu kepada AS.

"Semuanya bergantung pada kebugaran dan pikiran Anda dan kemana tujuan Anda. Ketika aku masih berusia 26 tahun, aku tidak berpikir masih bisa bermain sampai usia 31 tahun. Dan sekarang aku pun tidak berpikir bisa bermain sampai usia Federer. Tapi Anda tidak pernah tahu, karena semuanya tergantung pada kebugaran, tingkat antusiasme untuk tetap bermain dan persiapan."

"Di level Grand Slam, kupikir tidak. Dia masih punya tiga titel, yang tentu saja itu banyak sekali. (Mengejar Federer) bukan sesuatu yang kupikirkan. Aku sudah gembira dengan apa yang kulakukan dan kalau semuanya berjalan lancar dan ada kesempatan, maka bagus!" sambung peraih medali emas Olimpiade 2008 itu.

"Tapi ketika aku gantung raket dengan melampaui Roger, kalau itu terjadi, hal tersebut tidak akan memberiku kepuasan yang lebih besar di dalam karierku."


(rin/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed