detiksport
Follow detikSport
Rabu, 27 Des 2017 18:45 WIB

Ini Daftar Atlet Penghuni Pelatnas PBSI Tahun 2018

Femi Diah - detikSport
Susy Susanti (Femi Diah/detikSport) Susy Susanti (Femi Diah/detikSport)
Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengumumkan daftar atlet yang akan menghuni pelatnas pada 2018. Siapa saja?

PBSI mengumumkan susunan atlet pelatnas 2018 lewat rilis kepada detikSport, Rabu (27/12/2017). Pelatnas Cipayung akan dihuni oleh 104 atlet. Artinya, ada peningkatan ketimbang 2017 dengan pelatnas diisi dengan 89 atlet. Peningkatan jumlah penghuni pelatnas disebabkan PBSI mengakomodasi atlet magang sebanyak 32 atlet. Di antaranya, Hendra Setiawan.

PBSI juga melakukan promosi beberapa pemain. Tak hanya muka baru, namun juga nama-nama pemain yang pernah menjadi penghuni pelatnas, seperti Wisnu Yuli Prasetyo. Sebagian besar masuk lewat daftar magang lebih dulu. Namun, beberapa di antaranya dipercaya mendapatkan SK, seperti pemain tunggal putra, Ikhsan Leonardo.

Selain promosi, PBSI mendegradasi 15 pebulutangkis yang dinilai tak memenuhi kualifikasi. Di antaranya Muhammad Bayu Pangisthu dan Tiara Rosalia Nuraidah.

PBSI membuat kategori baru dengan memberikan lampu kuning kepada 19 atlet di seluruh sektor. Mereka diberi waktu enam bulan untuk membuktikan layak dipercaya. Hanna Ramadini, Nitya Krishinda Maheswari dan Ricky Karanda Suwardi masuk dalam daftar ini.

"Tahun depan memang akan ada perubahan. Dari segi kuota, tidak akan jauh berbeda, tapi status yang akan berbeda. Kalau yang ragu-ragu, saya nggak mau masukan ke dalam SK tetap. Magang kan bisa berapa bulan. Penilaiannya bukan cuma potensi, tapi liat attitude, kemauan dan progress kalau di pelatnas seperti apa?" kata Susy Susanti, kepala bidang pembinaan dan prestasi PP PBSI.

"Kalau sudah di daftar SK tetap, merasa sudah di zona nyaman paling tidak setahun, ini yang saya tidak mau. Jadi mungkin di sini akan ada perbaikan, bukan mau seenaknya, tapi saya mau yang jadi penghuni pelatnas itu adalah yang terbaik, sesuai dengan kriteria yang kami butuh," Susy menambahkan.

Berikut nama-nama atlet penghuni pelatnas berdasarkan SK nomor SKEP/070/0.3/XII/2017 tentang Promosi Atlet Bulutangkis Untuk Masuk Pelatnas PBSI Tahun 2018:

[Gambas:Instagram]

Catatan:
Ketentuan status atlet pelatnas PBSI mulai 2018:
1.Atlet dengan SK (surat keputusan): atlet pelatnas yang seluruh pembiayaan latihan dan pertandingan selama setahun akan dibiayai oleh PBSI.
2. Atlet dengan SK Pemantauan: PBSI menanggung biaya latihan dan turnamen selama enam bulan kemudian dipantau dan dievaluasi prestasinya, jika tak memenuhi target maka statusnya akan berubah menjadi pemain magang atau bahkan dipulangkan ke klub masing-masing (degradasi).
3. Atlet magang: biaya latihan ditanggung PBSI, sedangkan biaya pertandingan ditanggung masing-masing klub asal si atlet. PBSI akan memantau perkembangan si pemain selama enam bulan, kecuali jika indisipliner dapat dipulangkan ke klub sewaktu-waktu. Jika berprestasi akan naik menjadi pemain dengan SK Pemantauan.

Berikut daftar atlet terdegradasi dari pelatnas PBSI:


Tunggal Putra:
Muhammad Bayu Pangisthu (Djarum Kudus), Enzi Shafira (Mutiara Cardinal Bandung), Krishna Adi Nugraha (Jaya Raya Jakarta), Vega Vio Nirwanda (Mutiara Cardinal Bandung), Ramadhani Muhammad Zulkifli (Djarum Kudus)

Tunggal Putri:
Isra Faradila (Exist Jakarta), Ghaida Nurul Ghaniyu (Djarum Kudus), Eprilia Mega Ayu Swastika (Exist Jakarta), Savira Sandradewi (Djarum Kudus), Gabriela Meilani Moningka (Jaya Raya Jakarta)

Ganda Putra:
Kenas Adi Haryanto (Djarum Kudus)

Ganda Putri:
Tiara Rosalia Nuraidah (Mutiara Cardinal Bandung), Nisak Puji Lestari (Mutiara Cardinal Bandung), Ramadhani Hastiyanti Putri (Djarum Kudus)

Ganda Campuran:
Shela Devi Aulia (Jaya Raya Jakarta)


(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed